Strategi Guru dalam Mengajarkan Materi Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif SD Suryo Bimo Kresno Purwoyoso Ngaliyan Semarang

Nur, Afan S (2013) Strategi Guru dalam Mengajarkan Materi Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif SD Suryo Bimo Kresno Purwoyoso Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111003_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111003_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111003_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111003_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111003_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111003_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111003_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas strategi guru dalam mengajarkan materi pendidikan agama islam pada anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif SD Suryo Bimo Kresno Purwoyoso Ngaliyan Semarang. Kajian dilatarbelakangi dengan adanya pembelajaran inklusif dimana anak berkebutuhan khusus yang bermacam-macam karakteristik dan hambatan belajar bersama dengan anak normal dalam satu kelas. Dalam hal ini tentunya guru memerlukan strategi dan cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Studi ini dimaksud untuk menjawab permasalahan: bagaimana strategi guru dalam mengajarkan materi Pendidikan Agama Islam pada anak berkebutuhan khusus di SD Suryo Bimo Kresno Purwoyoso Ngaliyan Semarang? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SD Suryo Bimo Kresno Purwoyoso Ngaliyan Semarang. Sekolah tersebut dijadikan sumber data untuk mendapatkan potret strategi guru dalam mengajarkan materi Pendidikan Agama Islam pada anak berkebutuhan khusus. Datanya diperoleh dengan cara wawancara semi terstruktur, observasi, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata, bukan angka-angka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: strategi guru dalam mengajarkan materi Pendidikan Agama Islam pada ABK berkesulitan belajar di SD Suryo Bimo Kresno Purwoyoso Ngaliyan Semarang meliputi tujuan, pendekatan, metode, dan standar keberhasilan serta faktor penghambat. Tujuan dalam mengajarkan materi PAI yaitu membekali anak mempunyai kepercayaan diri, mempunyai akhlak yang baik, dan bisa menjalankan ibadah seperti anak normal. Pendekatan yang digunakan dengan pendekatan individual, pendekatan emosional, pendekatan pembiasaan, dan pendekatan media pembelajaran. Metode pembelajaran menggunakan metode ceramah, metode diskusi, tanya jawab, metode penugasan, metode demonstrasi, cerita dengan menggambar, metode permainan, metode reward, dan metode dadakan (metode yang disesuaikan dengan kebutuhan anak). Standar keberhasilan PAI menggunakan KKM yaitu 60, nilai KKM di SD Suryo Bimo Kresno sama dengan sekolah lain, tetapi berbeda di great atau kualitasnya. Kendala dalam mengajar PAI yaitu minimnya media pembelajaran IT (informasi teknologi), hambatan yang diderita anak, kurangnya intensitas bertemu dengan guru PAI.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Anak Berkebutuhan Khusus; Sekolah Inklusif
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 05 Dec 2013 06:19
Last Modified: 05 Dec 2013 06:19
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item