Implementasi pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri Purwoyoso 01 Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2015/2016

Mubarokah, Nailil (2015) Implementasi pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri Purwoyoso 01 Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113111074.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana pelaksanaan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Purwoyoso 01 Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2015/2016. Kajian ini dilatarbelakangi oleh kembali diterapkannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) setelah Kurikulum 2013 dihentikan. Dalam KTSP, pendekatan pembelajaran yang dianjurkan oleh pemerintah yakni pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) beda dengan Kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan saintifik. Salah satu sekolah yang pada tahun ajaran 2015/2016 menerapkan KTSP dalam pembelajaran semua mata pelajaran termasuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah SD Negeri Purwoyoso 01 Ngaliyan Semarang. Walaupun SD Negeri Purwoyoso 01 Ngaliyan Semarang sudah berpengalaman dalam menerapkan KTSP, tentunya masih ada hambatan-hambatan yang dialami oleh guru dan siswanya, khususnya dalam menerapkan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana implementasi pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Purwoyoso 01 Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2015/2016?, (2) Apa saja persoalan yang muncul dan bagaimana penanganannya dalam implementasi pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Purwoyoso 01 Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2015/2016?. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif lapangan dan menggunakan dua pendekatan, yakni pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Kajian ini menunjukan bahwa: (1) Implemantasi pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Purwoyoso 01 Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2015/2016 pada kelas I, II, dan III belum maksimal karena masih ada beberapa komponen pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) yang belum bisa diterapkan. Sedangkan pada kelas IV, V, dan VI sudah berjalan dengan maksimal karena semua komponen pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) berhasil deterapkan. (2) Persoalan yang muncul dalam implementasi pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Purwoyoso 01 Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2015/2016 yakni terletak pada segi peserta didik yang biasanya kurang fokus dan cenderung mudah bosan, dan untuk mengatasi persoalan tersebut guru dituntut untuk bisa mengkondisikan kelas dan harus kreatif dalam mengelola kelas. Persoalan lain yang muncul yakni kurangnya waktu pembelajaran terutama saat pembelajaran Al-Qur’an sehingga tujuan pemebelajaran sulit dicapai, dan cara mengatasi masalah tersebut yakni dengan mengadakan BTQ setelah KBM selesai. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi Kepala Sekolah, Pendidik, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Metode pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing : Mursid, M. Ag.; Dr. Ruswan, M.A.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 29 Feb 2016 02:22
Last Modified: 29 Feb 2016 02:22
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5026

Actions (login required)

View Item View Item