Studi komparasi kemampuan praktik menghafal surat-surat pendek peserta didik kelas III dengan menggunakan media audio di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang dan metode drill di MI IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2015/2016

Murtafi’ah, Farihuddina (2015) Studi komparasi kemampuan praktik menghafal surat-surat pendek peserta didik kelas III dengan menggunakan media audio di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang dan metode drill di MI IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113111108.pdf - Accepted Version

Download (17MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti memaparkan 3 permasalahan sebagai berikut:1) Bagaimanakah kemampuan praktik menghafal surat-surat pendek dalam al-Qura>n dengan menggunaan media audio peserta didik kelas III di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2015/2016, 2)Bagaimanakah kemampuan praktik menghafal surat-surat pendek dalam al-Qura>n dengan menggunakan metode drill peserta didik kelas III di MI IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. 3)Adakah perbedaan kemampuan praktik menghafal surat-surat pendek dalam al-Qura>n peserta didik kelas III dengan menggunakan media audio di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Ngaliyan Semarang dan metode drill di MI IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak sederhana. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebagian peserta didik kelas III di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang yang berjumlah 34 dan di MI IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang yang berjumlah 34. Jumlah populasi dari seluruh peserta didik di MI Miftahul Akhlaqiyah adalah 56, meliputi kelas III A berjumlah 28 peserta didik dan kelas III B berjumlah 28 peserta didik. Sedangkan Jumlah dari populasi seluruh peserta didik di MI IT Nurul Islam adalah 79, meliputi kelas III A berjumlah 27 peserta didik, kelas III B berjumlah 26 peserta didik, kelas III C berjumlah 26 peserta didik .Adapun variabel dalam penelitian terdiri dari 2 variabel independen (X)dan 1 variabel dependen (Y). 2 variabel independennya yaitu penggunaan media audio untuk menghafal surat-surat pendek dalam al-Qura>n di MI Miftahul Akhlaqiyah sebagai variabel (X1) dan penggunaan metode drill untuk menghafal surat-surat pendek dalam al-Qura>n di MI IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang sebagai variabel (X2). Sedangkan variabel dependen (Y) dalam penelitian ini adalah kemampuan praktik menghafal surat-surat pendek peserta didik kelas III di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Ngaliyan Semarang dan peserta didik kelas III di MI IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes lisan dan dokumentasi. Instrumen tes lisan untuk menghafal surat-surat pendek mengacu pada pedoman silabus materi Al-Qura>n H{adis\ kelas III semester 1 dan semester 2. Sehingga soal praktik menghafal surat-surat pendek juga diambilkan dari silabus. Setelah diperoleh hasil dari praktik menghafal surat-surat pendek, selanjutnya barulah peneliti mencari perhitungan statistik dengan menggunakan t-test independen untuk dua sampel besar yang satu sama lain tidak memiliki hubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan praktik menghafal surat-surat pendek dengan menggunakan media audio di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang dan dengan menggunakan metode drill di MI IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2015/2016, keduanya sama-sama masuk dalam kategori cukup baik. Namun keduanya memiliki perbedaan pada nilai rata-rata, nilai rata-rata (variabel X1) MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang adalah 87,558 sedangkan nilai rata-rata (variabel X2) MI IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang adalah 90,588. Untuk mengetahui kemampuan praktik menghafal surat-surat pendek dengan menggunakan media audio di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang dan dengan menggunakan metode drill di MI IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2015/2016, peneliti menggunakan t-test independen untuk dua sampel besar yang satu sama lain tidak memiliki hubungan. Dari perhitungan dengan menggunakan t-test independen untuk dua sampel besar yang satu sama lain tidak memiliki hubungan, diperoleh t_o sebesar -2,402. Pada taraf signifikansi 5% dan 1 % dengan asumsi, jika t_o<-t_tabel maka hipotesis nihil yang mengatakan tidak adanya perbedaan dari kedua sampel, ditolak. Berarti perbedaan dari dua sampel tersebut adalah perbedaan yang signifikan artinya hipotesis diterima. Hasil penelitian perhitungan t-test diperoleh t_o sebesar -2,402. Karena -2,402 <(-1,668)(-1,2945), maka dapat disimpulkan bahwa data bersifat signifikan, baik taraf signifikan 5% ataupun 1%. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan praktik menghafal surat-surat pendek dengan menggunakan media audio di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang dan dengan menggunakan metode drill di MI IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2015/2016 .

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Menghafal al-Qur'an; Metode pembelajaran; Media pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing : Mursid, M. Ag.; Dr. Widodo Supriyono, MA.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 23 Feb 2016 01:27
Last Modified: 23 Feb 2016 01:27
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5033

Actions (login required)

View Item View Item