Implementasi Pembiasaan Akhlaqul Karimah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Aspek Akhlaq Siswa Kelas VI di SD Negeri 2 Tanjungmojo Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2011-2012.

Sugiri, Sugiri (2012) Implementasi Pembiasaan Akhlaqul Karimah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Aspek Akhlaq Siswa Kelas VI di SD Negeri 2 Tanjungmojo Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2011-2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111156_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111156_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111156_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111156_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111156_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111156_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
103111156_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (22kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi pembiasaan akhlaqul karimah dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI mata pelajaran PAI di SD Negeri 2 Tanjungmojo kecamatan Kangkung kabupaten Kendal tahun ajaran 2011-2012. Kajiannya dilatarbelakangi oleh akhlaq peserta didik yang telah mengalami degradasi aklaq. Berpijak dari tema di atas, ada duahal yang dibahas pada penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana pengimplementasian pembiasaan akhlaqul karimah dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI mata pelajaran PAI di SD Negeri 2 Tanjungmojo? 2) Apakah dengan implementasi pembiasaan akhlaqul karimah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI mata pelajaran PAI di SD Negeri 2 Tanjungmojo? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi tindakan yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Tanjungmojo, sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber untuk memperoleh data sebagai potret pengimplementasian akhlaqul karimah dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI mata pelajaran PAI aspek akhlaq. Datanya di peroleh dengan cara wawancara, observasi, angket, tes formatif dan dokumentasi. Semua data di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Pembahasan hasil penelitian, hasil analisis implementasi pembiasaan akhlaqul karimah dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI mata pelajaran PAI aspek akhlaq di SD Negeri 2 Tanjungmojo meliputi: 1) Implementasi pembiasaan akhlaqul karimah, yakni penerapan pembiasaan berakhlaq yang mulia yang didasarkan pada al-Qur’an dan Hadits Nabi, yaitu: Akhlaq terpuji kepada Allah SWT, akhlaq terpuji kepada kedua orang tua, akhlaq terpuji kepada guru, dan akhlaq terpuji kepada teman. Implementasi pembiasaan akhlaqul karimah dapat membantu meningkatkan hasil belajar dan akhlaqul karimah peserta didik sehingga menjadi insan kamil yang beriman, dan bertaqwa kepada Allah SWT. 2) Implementasi konsep pembiasaan moral akhlaqul karimah pada siswa SD Negeri 2 Tanjungmojo dominan pada akhlaq terpuji pada guru dan akhlaq terpuji pada teman, serta sangat terbatas pada akhlaq terpuji kepada Allah SWT dan Akhlaq terpuji kepada kedua orang tua. Akhlaq terpuji kepada Allah SWT antara lain: Bertaubat (At-Taubat), Bersabar (As-Shabru), Bersyukur (Asy-Syukru), Bertawakkal (At-Tawakkal) Ikhlas (Al-Ikhlaash) Raja’ (Ar-Raja’), Bersikap takut (Al-Khauf). Akhlaq terpuji kepada sesama manusia antara lain: Belas kasihan atau sayang-menyayangi (Asy-Syataqah), Rasa Persaudaraan (Al-Ikhaa’), Memberi nasehat (An-Nashiihah), Memberi Pertolongan (An-Nashru), Menahan Amarah (Kazhmul Ghaizni), Sopan Santun (Al-Hilmu), Suka Memaafkan (Al-Afwu). Implementasi pembiasan akhlaqul karimah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI mata pelajaran PAI aspek akhlaq dengan baik dan signifikan terbukti; 1) dari sejumlah responden (27 siswa) hasil tes formatif siklus 2 aspek akhlaqul karimah pada siswa sudah baik, dengan nilai tes formatif siklus 2 adalah 76,25 dan persentase ketuntasan adalah 92,59 %. 2) Adanya perubahan tingkah laku yang fenomenal, yaitu dari tidak sopan menjadi sopan, dari tidak baik menjadi lebih baik dan lain sebagainya. 3) Antusiasme peserta didik untuk melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah. Dengan demikian maka kegiatan pengimplementasian pembiasaan akhlaqul karimah baik untuk dilaksanakan dalam rangka untuk meeningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI aspek akhlaq.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akhlaq; Pendidikan Agama Islam; Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Dec 2013 06:28
Last Modified: 05 Dec 2013 06:28
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item View Item