Pengaruh Motivasi Belajar, Kedisiplinan Siswa, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Wonokerto Pekalongan

Inayah, Inayah (2012) Pengaruh Motivasi Belajar, Kedisiplinan Siswa, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Wonokerto Pekalongan. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Inayah_Tesisi_Sinopsis.pdf - Accepted Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil kajian lapangan tentang (1) Pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Wonokerto Pekalongan. (2) Pengaruh antara kedisiplinan terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Wonokerto Pekalongan. (3) Pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Wonokerto Pekalongan. (4) Pengaruh motivasi belajar, kedisiplinan siswa, dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Wonokerto Pekalongan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Subyek penelitian sebanyak 60 responden, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik angket untuk menjaring data variabel (X1) yaitu: motivasi belajar, variabel (X2) yaitu: kedisiplinan siswa, dan variabel (X3) yaitu: kecerdasan emosional. Sedangkan teknik tes digunakan untuk memperoleh data variabel (Y) yaitu: prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik inferensial. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Dalam pengujian hipotesis penelitian menunjukan bahwa: (1) Motivasi belajar siswa memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar PAI. Hal ini dibuktikan dengan nilai p value (signifikansi) 0,000 < 0,05; (2) Kedisiplinan siswa memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar PAI. Hal ini dibuktikan dengan nilai p value (signifikansi) 0,000 < 0,05; (3) Kecerdasan emosional memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar PAI. Hal ini dibuktikan dengan nilai p value (signifikansi) 0,000 < 0,05; dan (4) Motivasi belajar, kedisiplinan siswa dan kecerdasan emosional, secara bersama memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar PAI. Hal ini dibuktikan dengan nilai p value (signifikansi) 0,000 < 0,05 Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kepala sekolah, guru, dan praktisi pendidikan agar melakukan upaya pengembangan motivasi belajar, kedisiplinan siswa dan kecerdasan emosional secara komprehensif dan proporsional supaya anak didiknya bisa meraih prestasi belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Kedisiplinan Siswa; Kecertdasan Emosional; Prestasi Belajar; Learning Motivation; Emotional Intelligent; Learning Achievement
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Sep 2013 00:53
Last Modified: 16 Sep 2013 00:53
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item View Item