Peningkatan hasil fisika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada konsep cahaya di MTs Tawang Rejosari tahun pelajaran 2014/2015

Mufiddaningrum, Zanuanti (2015) Peningkatan hasil fisika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada konsep cahaya di MTs Tawang Rejosari tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113611071.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi nilai hasil ulangan harian pada pembelajaran IPA materi cahaya di MTs Tawang Rejosari Semarang dengan rata-rata yaitu 62,80 dari 32 peserta didik. Ketuntasan hasil belajar peserta didik hanya 19% dari nilai KKM (75). Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan partisipasi dan keaktifan berdiskusi peserta didik dalam pembelajaran fisika dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di MTs. Tawang Rejosari Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTs Tawang Rejosari yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi cahaya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di MTs Tawang Rejosari Semarang. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar setiap siklusnya dimana pada pra siklus yakni 6 peserta didik atau ketuntasan 19% dengan nilai rata-rata 62,80 mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai 74,10 pada siklus I yakni 15 peserta didik atau dengan ketuntasan 47%, dan pada siklus II mencapai kenaikan yang signifikan yaitu 28 peserta didik atau ketuntasan 88% dengan nilai rata-rata 87,80.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Problem Based Learning (PBL); Hasil belajar; Fisika; Cahaya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 535 Light and paraphotic phenomena
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hamdan Hadi Kusuma, M. Sc.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 18 Mar 2016 07:25
Last Modified: 18 Mar 2016 07:25
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5135

Actions (login required)

View Item View Item