Efektivitas pendekatan reciprocal teaching dengan model MASTER (Mind, Acquire, Search Out, Trigger, Exhibit, and Reflect) pada materi tata nama Alkana, Alkena, dan Alkuna di kelas X MA Uswatun Hasanah Semarang

Uzzakiyyah, Ita (2015) Efektivitas pendekatan reciprocal teaching dengan model MASTER (Mind, Acquire, Search Out, Trigger, Exhibit, and Reflect) pada materi tata nama Alkana, Alkena, dan Alkuna di kelas X MA Uswatun Hasanah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113711001.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan reciprocal teaching dengan model MASTER pada materi tatanama senyawa alkana, alkena, dan alkuna di kelas X MA Uswatun Hasanah Semarang. Jenispenelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dan desainnya pretest-posttest control group design. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimendan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Rata-rata nilai kelas eksperimen yang mendapat perlakuanpendekatan reciprocal teaching dengan model MASTERlebih baik yaitu 81, sedangkan kelas kontrol 73,8. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis data menunjukkan thitung= 2,434>ttabel= 2,015 yang berarti pembelajaran menggunakan pendekatan reciprocal teaching dengan model MASTER pada materi tatanama senyawa alkana, alkena, dan alkuna adalah efektif. Kelas eksperimen yang dikenai perlakuan, telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebanyak 91% dari jumlah peserta didik, sedangkan kelas kontrol hanya sebanyak 70,8%, yang artinya belum memenuhi KKM. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia dengan menggunakan pendekatan reciprocal teaching dengan model MASTER lebih baik dan efektif digunakan pada sub materi tata nama senyawa alkana, alkena, dan alkuna

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Reciprocal Teaching; Kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 547 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Kimia
Additional Information: Pembimbing : Hj. Malikhatul Hidayah, ST., M. Pd.; Drs. H. Jasuri, M.S.I.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Mar 2016 05:23
Last Modified: 28 Mar 2016 05:23
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5143

Actions (login required)

View Item View Item