Tingkat efektifitas model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting and Extending) bermuatan MLR (Multiple Level Representation) pada materi Tata Nama Alkana, Alkena dan Alkuna di SMA Islam Al-Hikmah Mayong Jepara

Muharoroh, Muharoroh (2015) Tingkat efektifitas model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting and Extending) bermuatan MLR (Multiple Level Representation) pada materi Tata Nama Alkana, Alkena dan Alkuna di SMA Islam Al-Hikmah Mayong Jepara. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113711038.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat efektifitas model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting and Extending) bermuatan MLR (Multiple Level Representation) pada materi tata nama alkana, alkena dan alkuna di SMA Al-Hikmah Mayong Jepara. Kajian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran yang masih konvensional, banyaknya nilai siswa yang belum mencapai KKM serta pemahaman siswa pada level mikroskopik dan makroskopis pada materi kimia yang bersifat abstrak masih rendah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian eksperimen dan jenis metode penelitian adalah penelitian eksperimen semu serta desainnya pretest-posttest control group design. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Rata-rata nilai siswa setelah menerima materi kimia tata nama alkana, alkena dan alkuna yang diberikan pengajaran dengan model pembelajaran CORE bermuatan MLR lebih baik yaitu 71,19 daripada yang menggunakan metode ceramah klasikal yaitu 56,26. Untuk uji perbedaan dua rata-rata diperoleh thitung = 4,595 dan ttabel= 2,001 karena thitung > ttabel, maka hipotesis yang diajukan dapat diterima. Untuk analisis tingkat efektifitas ranah kognitif menunjukkan hasil perhitungan rata-rata nilai N-gain kelas eksperimen mengalami tingkat efektifitas sebesar 0,48 dan dikategorikan sedang, adapun kelas kontrol sebesar 0,26 dan dikategorikan rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan model pembelajaran CORE bermuatan MLR efektif diterapkan pada materi kimia tata nama alkana, alkena dan alkuna di SMA Islam Al-Hikmah Mayong Jepara.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Connecting, Organizing, Reflecting and Extending (CORE); Multiple Level Representation (MLR)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Kimia
Additional Information: Pembimbing : R. Arizal Firmansyah, M. Si.; Wirda Udaibah, M. Si.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 18 Mar 2016 07:11
Last Modified: 18 Mar 2016 07:11
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5157

Actions (login required)

View Item View Item