Nilai-Nilai Pendidikan Holistik Menurut Ayah Edy dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam

Nur Rochim, Fauzan Amin (2012) Nilai-Nilai Pendidikan Holistik Menurut Ayah Edy dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
053111429_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053111429_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053111429_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053111429_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053111429_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053111429_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053111429_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (22kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah yang dimaksud dengan pendidikan holistik? (2) Apa sajakah nilai-nilai pendidikan holistik menurut Ayah Edy? (3) Bagaimanakah relevansi antara nilai-nilai pendidikan holistik menurut Ayah Edy dengan tujuan pendidikan Islam? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Data penelitian ini dikumpulkan melalui studi dokumen. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan holistik merupakan suatu filsafat pendidikan yang berangkat dari pemikiran bahwa pada dasarnya seorang individu dapat menemukan identitas, makna dan tujuan hidup melalui hubungannya dengan masyarakat, lingkungan alam, dan nilai-nilai spiritual. (2) Nilai-nilai pendidikan holistik menurut Ayah Edy adalah: (a) pendidik harus memiliki kemampuan yang memadai untuk menjadi seorang pendidik, (b) pendidik harus mampu memahami dengan baik kondisi si terdidik, (c) pendidikan harus dilakukan tanpa kekerasan, (d) pentingnya penggunaan kata-kata positif dalam mendidik anak. (3) Nilai-nilai pendidikan holistik menurut Ayah Edy relevan dengan tujuan pendidikan Islam. Islam mengharapkan dari setiap guru agar mempelajari keadaan setiap anak didik bila ia memiliki kelebihan-kelebihan atau bahkan kekurangan-kekurangan. Dengan memahami kelebihan dan kekurangan setiap anak didik, maka dapat diberikan perlakuan atau metode yang tepat untuk mendidik dan mengasuh anak tersebut. Islam menjelaskan bahwa dalam mendidik anak supaya didasari perasaan kasih sayang dan dengan disertai sikap lemah lembut, menggunakan kata ataupun kalimat yang menyejukkan. Hal ini dimaksudkan agar jiwa anak tertarik kepada sikap, kata-kata dan perilaku pendidik. Dengan cara seperti ini, di samping anak tertarik kepada ucapan, tingkah laku pendidiknya juga akhirnya anak akan menerima dan mau meneladani apa saja yang dilakukan oleh pendidik. Islam menekankan pentingnya mengenalkan anak sedini mungkin kepada kata-kata dan kalimat-kalimat yang baik, sebagaimana dilakukannya adzan dan iaqamah sesaat setelah kelahiran anak. Kesemua nilai-nilai pendidikan holistik yang telah disebutkan di atas mempunyai sebuah tujuan akan terwujudnya sosok manusia yang sempurna, tidak hanya kuat dan sehat fisik dan cerdas akalnya semata, namun juga hatinya berbudi mulia, sikapnya baik kepada sesama dan lingkungan sekitarnya, dan bertakwa kepada Allah. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Holistik; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Dec 2013 06:31
Last Modified: 05 Dec 2013 06:31
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item View Item