Efektivitas penggunaan metode course review horay dengan talking stick terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang

Afifah, Alfiyatun Nur (2015) Efektivitas penggunaan metode course review horay dengan talking stick terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113911046.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V, yang terdiri dari VA dan VB, yang semuanya juga di jadikan sebagai sampel yang terdiri dari 26 peserta didik sebagai kelas eksperimen (VA) dan 26 peserta didik sebagai kelas kontrol (VB). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode dokumentasi. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas menggunakan nilai ulangan tes sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan metode Course Review Horay dengan Talking Stick dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data didapat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji signifikansi. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikasi = 5% diperoleh thitung= 7,9933, sedangkan ttabel = 1,68. Karena thitung>ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar IPS peserta didik yang diajar dengan pembelajaran dengan menggunakan metode Course Review Horay dengan Talking Stick lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 80,19 dan kelompok kontrol = 64,76. Dengan demikian dapat dikatakan penggunaan metode Course Review Horay dengan Talking Stick efektif dalam pembelajaran IPS siswa kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah terutama dalam menerapkan strategi, metode, dan model pembelajaran yang baik dan tepat, yang dapat menumbuhkan aktivitas belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Course Review Horay; Talking Stick; Hasil belajar; IPS untuk pendidikand dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Sukasih, M. Pd.; H. Ridwan, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 23 Mar 2016 00:55
Last Modified: 23 Mar 2016 00:55
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5196

Actions (login required)

View Item View Item