Keefektifan keterampilan membaca permulaan melalui metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di MI Miftakhul Akhlaqiyah tahun ajaran 2014/2015

Murni, Siti (2015) Keefektifan keterampilan membaca permulaan melalui metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di MI Miftakhul Akhlaqiyah tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113911070.pdf]
Preview
Text
113911070.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ni dilatarbelakangi karena keterampilan membaca permulaan pada peserta didik kelas I di MI Miftakhul Akhlaqiyah dirasa belum optimal, Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah konsep pembelajaran yang kurang menarik karena guru kurang tepat dalam memilih dan menerapkan metode membaca yang efektif. Media yang digunakan juga belum bervariasi, Selama ini guru hanya menggunakan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dan untuk mengetahui keefektifan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I MI Miftakhul Akhlaqiyah tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik Sampling Random. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelasI-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa, dan kelas I-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 siswa.
Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil test yang telah dilakukan diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 77,714 sedangkan rata-rata nilai pada kelas kontrol adalah 70,00. Berdasarkanhasilujit testdiperoleht_hitung=2,975 dan t_tabel=1,668 dengan taraf nyata sebesar 5% jika t_hitung>t_tabel mala Ha diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan membaca permulaan peserta didik antara kelas yang menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dengan kelas yang hanya menggunakan metode konvensional. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan pada kelas I MI Miftakhul Akhlaqiyah efektif.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi, motivasi dan sebagai bahan masukan bagi para pendidik (guru).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca; Metode pembelajaran; Struktural Analitik Sintetik (SAS); Bahasa Indonesia; Ketrampilan berbahasa untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 24 Mar 2016 08:26
Last Modified: 11 Dec 2021 03:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5204

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics