Implementasi metode Think Pair and Share (TPS) pada pembelajaran IPA materi pokok cuaca siswa kelas I semester 2 di MI Tarbiyatul Islamiyah Lengkong Batangan Pati tahun ajaran 2014/2015

Nugroho, Trestyo Edy (2015) Implementasi metode Think Pair and Share (TPS) pada pembelajaran IPA materi pokok cuaca siswa kelas I semester 2 di MI Tarbiyatul Islamiyah Lengkong Batangan Pati tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113911074.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan metode think pair and share dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan yang dilaksanakan di MI Tarbiyatul Islamiyah Lengkong Batangan Pati. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan “Bagaimana mengimplementasikan metode think pair and share pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) materi pokok cuaca siswa kelas I semester 2 di MI Tarbiyatul Islamiyah Lengkong Batangan Pati tahun ajaran 2014/2015 ?”. Permasalahan tersebut dibahas melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data tersebut dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif dengan menggunakan metode triangulasi data yang bersifat induktif. Kajian ini menunjukkan bahwa penerapan metode think pair and share yang digunakan dalam pembelajaran IPA materi pokok cuaca siswa kelas I semester 2 di MI Tarbiyatul Islamiyah Lengkong Batangan Pati berjalan dengan baik. Guru mampu membawakan pembelajaran dengan optimal sehingga siswa merasa senang dan nyaman saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini terbukti dengan nilai siswa yang di atas KKM serta peningkatan keaktifan pembelajaran dan sikap sosial siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Think Pair and Share (TPS); Sains untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Muslih, MA.; Agus Sudarmanto, M. Si.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 24 Mar 2016 08:28
Last Modified: 24 Mar 2016 08:28
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5205

Actions (login required)

View Item View Item