Upaya peningkatan hasil belajar peserta didik materi pokok wuḍlu melalui metode modelling di kelas I MI NU 19 Kutoharjo Kaliwungu Kendal tahun pelajaran 2014/2015

Sofa, Ainu (2015) Upaya peningkatan hasil belajar peserta didik materi pokok wuḍlu melalui metode modelling di kelas I MI NU 19 Kutoharjo Kaliwungu Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123911131.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas I MI NU 19 Kutoharjo Kaliwungu Kendal. Dari hasil observasi secara langsung di kelas I pada kondisi awal penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran fiqih yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah. Artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode modelling dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi pokok wuḍu bagi siswa kelas I MI NU 19 Kutoharjo Kaliwungu Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung, adanya hasil belajar yang belum optimal. Artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu nilai 70 dengan ketuntasan 75%. Kesiapan dalam pembelajaran dan keaktifan peserta didik menggambarkan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Obyek penelitian ini adalah di MI NU 19 Kutoharjo Kaliwungu dengan populasi peserta didik 194 peserta didik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan metode modelling yaitu kelas I yang jumlahnya ada 30 peserta didik. Pada penelitian ini, peneliti memperoleh hasil dari pra siklus dan 2 siklus menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar materi wuḍu melalui metode modelling pada siswa kelas I MI NU 19 Kutoharjo Kaliwungu Kendal tahun pelajaran 2014/2015 dapat dibuktikan keberhasilannya dibanding dengan sebelum menggunakan metode modelling. Dari data pengamatan aktivitas, hal ini terbukti dengan peningkatan hasil belajar peserta didik yang terjadi dalam penyampaian materi dari ketuntasan 40% dengan rata-rata 73,33 pada pra siklus dan meningkat menjadi 53,33% dengan rata-rata 78,89 pada siklus I, dan ada peningkatan ketuntasan peserta didik yang signifikan menjadi 90% dengan rata-rata 94,44 pada siklus II. Dorongan belajar atau motivasi atau semangat belajar juga bisa berasal dari faktor orang tua atau keluarga yang dapat mempengaruhi kondisi psikologi anak. Dengan kesimpulan akhir nilai hasil belajar peserta didik kelas I MI NU 19 Kutoharjo Kaliwungu Kendal Tahun Pelajaran 2014/2015 pada mata pelajaran fikih materi pokok wuḍu meningkat dengan diterapkan metode modelling. Pembelajaran membentuk kepribadian dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan proses nilai-nilai agama secara runtut dan simultan, agar keterampilan nilai-nilai agama siswa dalam hal ini berwudu dapat meningkat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wudlu; Metode pembelajaran; Modelling; Pendidikan Agama Islam; Agama untuk pendidikan dasar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Lutfiyah, S. Ag., M.S.I.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 24 Mar 2016 08:38
Last Modified: 24 Mar 2016 08:38
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5212

Actions (login required)

View Item View Item