Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Metode Quantum Teaching dan Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil pada Materi Pokok Logika Matematika di Kelas X-I M.A. Mathalibul Huda Mlonggo Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012

Bashori, Achmad (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Metode Quantum Teaching dan Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil pada Materi Pokok Logika Matematika di Kelas X-I M.A. Mathalibul Huda Mlonggo Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
053511421_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
053511421_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053511421_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053511421_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053511421_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053511421_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053511421_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (8kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Quantum Teaching dan tutor sebaya terhadap hasil belajar pada materi pokok logika matematika. Penelitian ini, bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan metode Quantum Teaching dan tutor sebaya dalam kelompok kecil pada materi pokok logika matematika di kelas X-1 M.A. MathalibulHuda Mlonggo Kabupaten Jepara tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas X-1 M.A. Mathalibul Huda Mlonggo Kabupaten Jepara. Obyek penelitian ini adalah di M.A. Mathalibul Huda Mlonggo Kabupaten Jepara. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan metode Quantum Teaching dan Tutor Sebaya dalam kelompok kecil yaitu kelas X-1 yang berjumlah 45 peserta didik yang terdiri dari 19 putra dan 26 putri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi terbuka, dokumentasi, dan tes evaluasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar yaitu nilai rata-rata kelas  74 dengan ketuntasan belajar klasikal  75%. Pada penelitian tindakan kelas ini dirancang 2 (dua) siklus. Setiap siklus ada 4 (empat) tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Masing-masing siklus dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. PTK berfokus pada kelas atau pada proses pembelajaran yang terjadi di kelas, pada input (silabus, materi, dan lain-lain) ataupun output (hasil belajar). Pada tahap pra siklus sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata peserta didik 69,9 dengan ketuntasan belajar klasikal 52,25%. Pada tahap siklus I setelah dilaksanakan tindakan nilai rata-rata peserta didik mencapai 87,64 dengan ketuntasan belajar klasikal 80%. Kemudian pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan lagi yaitu mencapai 90,82 dengan ketuntasan belajar klasikal 93%. Dari dua tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan metode Quantum Teaching dan Tutor Sebaya dalam kelompok kecil. Namun dari penelitian tersebut terdapat peserta didik yang dari tahap siklus II mempunyai nilai skor terakhir dan nilai tes akhirnya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70, hal ini disebabkan karena beberapa hal yaitu karena kondisi keluarga yang tidak mendukung dan karena memang daya ingat atau tingkat intelektualitas yang kurang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode Quantum Teaching dan Tutor Sebaya dalam kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pokok logika matematika kelas X-1 M.A. Mathalibul Huda Mlonggo Kabupaten Jepara Tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, sekolah) di M.A. Mathalibul Huda Mlonggo Kabupaten Jepara untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika dan dapat memberikan dorongan atau motivasi belajar kepada peserta didik agar bisa berprestasi dan menjadi yang terbaik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching; Tutor Sebaya; Logika Matematika; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Dec 2013 06:37
Last Modified: 05 Dec 2013 06:37
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item