Pengaruh hipnoterapi terhadap motivasi belajar siswa kelas 5, SDN Purwoyoso 02, Ngaliyan Semarang

Afriani, Anis (2015) Pengaruh hipnoterapi terhadap motivasi belajar siswa kelas 5, SDN Purwoyoso 02, Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
104411005.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peran seorang siswa adalah belajar, perlu kiranya motivasi belajar tercipta. seiring dengan berkembangnya zaman motivasi belajar supaya lebih ditingkatkan. Bermain, keadaan ekonomi orang tua, orang tua yang broken home, lingkungan belajar tidak nyaman, lingkungan sekitar yang kurang kondusif itu adalah sebagian contoh kecil fenomena yang ada di sekitar kita saat ini. Sehingga mengakibatkan motivasi belajar menurun. Motivasi belajar sangat penting dalam pengembangan diri, sebab pengembangan diri adalah belajar, belajar adalah pengembangan diri. Jika seorang anak ingin lebih sukses dibanding pencapaian keberhasilan anak saat ini, kuncinya ialah jangan pernah berhenti belajar. Salah satu cara yang mungkin dapat digunakan untuk meningkatkan Motivasi Belajar adalah dengan Hipnoterapi . hipnoterapi bisa untuk memperbaiki kebiasaan buruk. Malas belajar, kebiasaan buruk dan juga bisa memperkuat memori. Dengan metode hipnoterapi, peran diri anak akan terbantu, sehingga memudahkan proses belajarnya. Membaca jauh lebih cepat, saat menghafal jauh lebih mudah, karena semua akses pikiran dan otak diset kesana. Hipnoterapi bisa membangkitkan semangat anak, dan dapat mensugestikan berbagai sugesti positif yang bertujuan meningkatkan rasa percaya diri, motivasi, perasaan diri mampu dan berharga, dan citra diri positif pada anak. Penelitian ini berjudul “pengaruh hipnoterapi terhadap motivasi belajar siswa kelas 5 SDN Purwoyoso 02 Ngaliyan – Semarang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hipnoterapi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 5, SDN Purwoyoso 02 Ngaliyan – Semarang. Penelitian ini bersifat kuantitatif eksperimen dengan rancangan eksperimen one group pre-test – posttest design. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran skala motivasi belajar. Yang mana diambil 35 subyek, terdiri dari 18 kelompok eksperimen dan 17 kelompok kontrol. Analisis data menggunakan teknik uji- t. Analisis data dengan menggunakan bantuan SPSS (Statistical Program For Social Service) versi 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan uji analisis Independent Samples Test diperoleh nilai T sebesar -2.607 dengan taraf signifikansi 0,014 sehingga berada di bawah 0,05. Artinya ada perbedaan perubahan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Namun dengan melihat nilai T yang negatif, dan melihat mean gainscore, perubahan kelompok kontrol lebih besar dari pada kelompok eksperimen. Berarti perubahan nilai tidak disebabkan oleh treatment hipnoterapi. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “ada Pengaruh Hipnoterapi terhadap Motivasi Belajar siswa kelas 5 SDN, SDN Purwoyoso 02, Ngaliyan Semarang” ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hipnoterapi; Motivasi belajar
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 154 Subconscious and altered states
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Tasawuf dan Psikoterapi
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sulaiman, M. Ag.; Sri Rejeki, S. Sos. I., M. Si.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Mar 2016 06:51
Last Modified: 28 Mar 2016 06:51
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5246

Actions (login required)

View Item View Item