Pengaruh Penerapan Pembelajaran Active Learning Model Giving Question And Getting Answers (GQGA) pada Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Gerak Tahun Pelajaran 2011/2012 terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Nurul Falah Bolang-Tirtajaya Kabupaten Karawang

Rouf, Abdul (2012) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Active Learning Model Giving Question And Getting Answers (GQGA) pada Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Gerak Tahun Pelajaran 2011/2012 terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Nurul Falah Bolang-Tirtajaya Kabupaten Karawang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
053611334_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
053611334_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053611334_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053611334_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053611334_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053611334_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053611334_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (26kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh perbedaan tingkat keaktifan belajar siswa yang mempengaruhi hasil belajar IPA. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Keaktifan siswa dalam strategi Pembelajaran Active Learning model Giving Question and Getting Answers (GQGA) pada materi pokok Gerak. 2) Hasil belajar IPA kelas VII MTs Nurul Falah Bolang-Tirtajaya Kabupaten Karawang. 3) Pengaruh keaktifan siswa dalam model Pembelajaran Active Learning model Giving Question and Getting Answers (GQGA) Pada Materi Pokok Gerak terhadap hasil belajar siswa di MTs Nurul Falah Bolang-Tirtajaya Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei dan teknik analisis regresi satu prediktor. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Keaktifan Siswa dalam model Pembelajaran Active Learning model Giving Question and Getting Answers (GQGA), sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa kelas VII MTs Nurul Falah Bolang-Tirtajaya Kabupaten Karawang. Dalam penelitian ini data dikumpulkan menggunakan metode: 1) Dokumentasi, yaitu untuk memperoleh data umum sekolah dan data siswa beserta nilai ulangan harian siswa pada materi IPA sebelumnya; 2) Observasi, yaitu untuk memperoleh data dengan cara mengamati secara langsung keaktifan siswa dalam pembelajaran; 3) Tes, yaitu untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa materi pokok Gerak. Setelah diuji hipotesis, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keaktifan siswa MTs Nurul Falah Bolang-Tirtajaya Kabupaten Karawang dalam kategori ”cukup” dengan nilai rata-rata yang diperoleh 63,39 yang berada pada interval 61-70; 2) Hasil belajar siswa MTs Nurul Falah Bolang-Tirtajaya Kabupaten Karawang berada dalam kategori “cukup” terbukti dengan nilai rata-rata yang diperoleh 65,48 yang berada pada interval 61-70; 3) Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh rhitung = 0,852 sedangkan harga rtabel untuk taraf kesalahan 5% dengan n = 31 diperoleh r = 0,355 dan untuk 1% diperoleh r = 0,456. Karena rhitung lebih besar rtabel baik untuk kesalahan 5% maupun 1% ( 0,852 > 0,355>0,458). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Active Learing model Giving Question and Getting Answers (GQGA) dalam pembelajaran fisika materi pokok Gerak dapat memberikan pengaruh yang positif dan cukup signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Active Learning; Pelajaran IPA; Giving Question and Getting Answers (GQGA)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Dec 2013 06:39
Last Modified: 05 Dec 2013 06:39
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item View Item