Implementasi metode cerita Islami dalam menanamkan moral keagamaan di TK Islam Terpadu Permata Hati Ngaliyan Semarang

Isnaini, Tri (2015) Implementasi metode cerita Islami dalam menanamkan moral keagamaan di TK Islam Terpadu Permata Hati Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111103.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas implementasi metode cerita Islami dalam menanamkan moral keagamaan di jenjang taman kanak-kanak. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya metode cerita Islami untuk menanamkan moral keagamaan sebagai wujud pengajaran yang memberikan contoh nyata kepada anak-anak melalui tokoh cerita. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana Implementasi metode cerita islami dalam menanamkan moral keagamaan di TK Islam Terpadu Permata Hati Ngaliyan Semarang? (2) Apa faktor penunjang dan penghambat dalam menanamkan moral keagamaan? Permasalahan tersebut dibahas melalui Studi Lapangan yang dilakukan di TK Islam Terpadu Permata Hati Ngaliyan Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu data-data yang ada berupa kata-kata bukan berupa angka atau data statistik. Dalam memperoleh data-data tersebut penulis menggunakan studi pustaka dan studi lapangan, untuk melengkapi data-data yang ada penulis menggunakan beberapa metode: metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi metode cerita Islami dalam menanamkan moral keagamaan di TK Islam Terpadu Permata Hati Ngaliyan Semarang yang diklasifikasikan pada Persiapan, Materi dan Penyampaian, Alat Peraga dan Evaluasi kesemuanya sudah baik. Dalam hal Persiapan, pendidik TK Islam Terpadu Permata Hati sudah melakukan berbagai persiapan pribadi dan teknis secara optimal. Dalam hal materi dan penyampaian, pendidik TK Islam Terpadu Permata Hati itu materi-materi pelaksanaan dari model pengembangan pendidikan berpacu pada RKM (Rencana Kegiatan Mingguan), kemudian di bentuk RKH (Rencana Kegiatan Harian) sebagai hasil dari pengembangan kurikulum. Materi yang digunakan sudah variatif, berisi dan disampaikan dengan baik, dalam hal Alat Peraga pendidik TK Islam Terpadu Permata Hati sudah menggunakan berbagai alat peraga diantaranya buku cerita, audio visual dan papan tulis . Dalam hal Evaluasi, pendidik TK Islam Terpadu Permata Hati juga sudah mengupayakan berbagai hal untuk memperbaiki penyampaian ceritanya dengan cara musyawarah bersama masing-masing pendidik atas pelaksanaan pembelajaran dengan metode cerita di kelas yang pernah dimasukinya. Masing-masing saling bertukar pengalaman dan mencari solusi jika ada permasalahan pada pelaksanaan pembelajaran dengan metode cerita di kelas masing-masing. Musyawarah ini dilakukan secara insidental dan tidak terjadwal. 2) Implementasi metode cerita Islami dalam menanamkan moral keagamaan di TK Islam Terpadu Permata Hati memiliki faktor-faktor penunjang antara lain Pendidik, Lingkungan dan Sumber belajar. Disamping itu juga memiliki faktor-faktor penghambat antara lain Hambatan Pengelolaan Kelas, Hambatan Evaluasi dan Hambatan Alat untuk Bercerita. Faktor penunjang dan penghambat hingga saat ini saling beriring.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Cerita Islami; Pendidikan moral
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Abdul Wahid, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 07 Apr 2016 08:28
Last Modified: 07 Apr 2016 08:28
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5297

Actions (login required)

View Item View Item