Perbedaan sikap sosial siswa MA Uswatun Hasanah Mangkang Wetan Tugu Kota Semarang (studi komparasi sikap sosial antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dengan siswa yang tinggal bersama orang tua tahun pelajaran 2015/2016)

Mawardi, Muhammad Kholid (2015) Perbedaan sikap sosial siswa MA Uswatun Hasanah Mangkang Wetan Tugu Kota Semarang (studi komparasi sikap sosial antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dengan siswa yang tinggal bersama orang tua tahun pelajaran 2015/2016). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111127.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui sikap sosial peserta didik yang tinggal di pondok pesantren, (2) Untuk mengetahui sikap sosial peserta didik yang tinggal bersama orang tua, (3) Untuk mengetahui perbedaan sikap sosial antara peserta didik di M.A. Uswatun Hasanah Tugu Kota Semarang peserta didik yang tinggal di pondok pesantren dengan yang tinggal bersama orang tua. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun lokasi penelitian ini adalah M.A. Uswatun Hasanah Tugu Kota Semarang. Dalam penelitian ini dipakai rumus statistika, Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu studi komparasi (Ttes) yang membandingkan sikap sosial peserta didik yang tinggal di pondok pesantren dan sikap sosial peserta didik yang tinggal bersama orang tua. Pengumpulan data menggunakan metode angket, metode dokumentasi, dan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikapsosial peserta didik yang tinggal di pondok pesantren termasuk dalam kualifikasi baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rarta yaitu : 85. dikatakan baik karena jika seorang memiliki nilai 100 barudikatakan luar biasa. Sedangkan peserta didik yang tinggal bersama orang tua termasuk dalam kualifikasi sedang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yaitu: 78,88. Dari analisis uji hipotesis diperoleh bahwa tt (t tabel) untuk tarafsignifikansi 5% adalah 2,009, sedang to (t observasi) adalah 3,050 maka to>tt dengan demikian to untuk taraf signifikansi 5% adalah signifikan artinya hipotesis diterima. Sedangkan tt (t table) untuk tarafsignifikansi 1% adalah 2,660 nilai to (t observasi) adalah 3,050 maka to>tt dengan demikian to untuk taraf signifikansi 1% adalah non signifikan artinya hipotesis diterima. Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap social peserta didik yang tinggal di pondok pesantren dengan peserta didik yang tinggal bersama orang tua pada peserta didik di M.A. Uswatun Hasanah Tugu Kota Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Ini berarti sikap social peserta didik yang berasal dari pondok pesantren lebih baik dari peserta didik yang bertempat tinggal bersama orang tu, ini dilihat dari rata-rata keduanya. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan dilingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sikap sosial; Siswa; Pondok pesantren
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Abdul Wahid M. Ag.; Abdul Kholiq, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 07 Apr 2016 08:36
Last Modified: 07 Apr 2016 08:36
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5299

Actions (login required)

View Item View Item