Nilai Pendidikan dalam Surat Luqman Ayat ke-12 sampai ke-19 Menurut Ibnu Katsîr di Kitab Tafsîr Alquran al-‘Azhîm.

Bakhri, Amirul (2012) Nilai Pendidikan dalam Surat Luqman Ayat ke-12 sampai ke-19 Menurut Ibnu Katsîr di Kitab Tafsîr Alquran al-‘Azhîm. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
AmirulBakhri_Tesisi_Sinopsis.pdf - Accepted Version

Download (369kB) | Preview

Abstract

Alquran merupakan sebuah petunjuk yang berasal dari Allah Swt yang harus dipahami, dihayati dan diamalkan oleh manusia yang beriman kepada Allah Swt. Di dalam Alquran terdapat berbagai nilai pendidikan yang dapat diambil sebagai pelajaran bagi manusia. Dengan adanya nilai-nilai pendidikan dalam Alquran, maka Alquran dijadikan sumber utama yang digunakan dalam dunia pendidikan Islam sebagai sarana menanamkan nilai-nilai yang ada dalam Alquran kepada peserta didik. Di antara berbagai ayat yang ada dalam Alquran yang mengandung nilai pendidikan adalah di ayat ke-12 sampai ke-19 dari surat Luqman. Dalam melakukan penelitian, penulis akan meneliti tentang kandungan nilai pendidikan yang termuat dalam surat Luqman ayat ke-12 sampai ke-19 di dalam kitab Tafsîr al-Qur’an al-‘Azhîm karya Ibnu Katsîr. Kitab tafsir yang dihasilkan Ibnu Katsîr ini merupakan kitab tafsir yang menggunakan tafsiran ayat dengan ayat, juga menggunakan sunnah Saw ketika tidak dijumpai dalam Alquran serta dengan perkataan sahabat dan tabi`in ketika tidak dijumpai dalam Alquran maupun sunnah Saw. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai pendidikan yang terdapat dalam surat Luqman ayat ke-12 sampai ke-19, serta untuk mendeskripsikan metode yang dilakukan Luqman dalam upaya menanamkan nilai-nilai kepada anaknya yang terungkap dalam ayat tersebut di kitab Tafsîr al-Qur’an al-‘Azhîm karya Ibnu Katsîr. Selain itu, penelitian ini dapat memberikan deskripsi bahwa dalam Alquran terdapat berbagai nilai pendidikan serta metode yang dilakukan, supaya bisa menjadi inspirasi bagi para pendidik dalam upaya mengembangkan dunia pendidikan dengan merujuk kepada Alquran sebagai sumber utama dalam agama Islam. Penelitian merupakan penelitian kualitatif yang berjenis kepustakaan. Dalam memperoleh datanya, penulis mengumpulkan data dari sumber primer yaitu kitab Tafsîr Alquran al-‘Azhîm karya Ibnu Katsîr di surat Luqman ayat ke-12 sampai ke-19 serta berbagai sumber sekunder yang mendukung dalam menganalisis data. Dalam analisis data, penulis menggunakan metode analisis deskriptif dan verifikatif. Di sini analisa dilakukan sampai pada tahap deskripsi, yaitu menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik, sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami dan disimpulkan. Pada tahap Akhir dalam proses analisis data dilakukan verifikasi atau pengambilan keputusan atau kesimpulan dari hasil yang diperoleh. Kesimpulan yang diberikan selalu jelas dasar faktualnya sehingga semuanya selalu dapat dikembalikan langsung pada data yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam surat Luqman ayat ke-12 sampai ke-19 dalam kitab Tafsîr Alquran al-‘Azhîm karya Ibnu Katsîr terdapat berbagai nilai pendidikan yakni: a) adanya perintah untuk bersyukur kepada Allah Swt atas nikmat yang telah diberikanNya, b) agar menyembah Allah Swt dan tidak melakukan syirik kepadaNya, c) agar berbakti kepada orang tua di dunia ini, akan tetapi jika mereka menganjurkan unutk melakukan hal yang dilarang Allah Swt agar tidak dituruti, d) pelajaran bahwa setiap kebaikan dan keburukan yang dilakukan oleh manusia, pasti akan ada balasannya oleh Allah Swt, e) agar selalu mengerjakan shalat serta untuk selalu berbuat amar ma`ruf dan nahi munkar, f) pelajaran agar tidak sombong dan angkuh dalam kehidupan, g) pelajaran agar sopan dalam berjalan dan berbicara. Selain itu, hasil lain dari penelitian ini yaitu adanya beberapa metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai yang terdapat dalam ayat ke-12 sampai ke-19 yaitu: a) metode mendidik dengan keteladanan atau qudwah hasanah, b) metode mendidik dengan kisah atau cerita, c) metode mendidik dengan nasehat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Islamic Education; Tafsir Alquran; Interpretation of the Holy Qur'an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Sep 2013 04:46
Last Modified: 16 Sep 2013 04:46
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item