Bimbingan dan konseling kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas XI bahasa di MAN Bawu Jepara

Firdaus, Julian Abiyoso (2015) Bimbingan dan konseling kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas XI bahasa di MAN Bawu Jepara. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113311013.pdf - Submitted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Bimbingan dan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas XI Bahasa di MAN Bawu. Kajian ini dilatarbelakangi pentingnya kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti kegiatan di sekolah. Karena kegiatan di sekolah tidak akan lepas dari berbagai peraturan dan tata tertib yang diberlakukan di sekolah, dan setiap peserta didik dituntut untuk dapat berperilaku sesuai dengan aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah. Kepatuhan dan ketaatan peserta didik terhadap berbagai aturan dan tata tertib yang yang berlaku di sekolah disebut disiplin. Sejak awal, para peserta didik harus dikenalkan dengan lingkungan sekolah yang menghargai dan menjunjung tinggi kedisiplinan. Sekolah harus bisa meyakinkan pada para peserta didik bahwa perilaku baik dan prestasi cemerlang hanya bisa diraih dengan kedisiplinan tinggi para siswa. Disiplin dapat berarti kemampuan berbuat hanya yang memberikan manfaat bagi diri, orang lain, dan lingkungan. Penelitian ini bermaksud untuk menggambarkan: Bagaimanakah perencanaan Bimbingan dan Konseling kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas XI Bahasa di MAN Bawu Jepara? Bagaimanakah pelaksanaan Bimbingan dan Konseling kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas XI Bahasa di MAN Bawu Jepara? Bagaimanakah evaluasi Bimbingan dan Konseling kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas XI Bahasa di MAN Bawu Jepara? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran bimbingan dan konseling kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik Kelas XI Bahasa di MAN Bawu Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat kualitatif deskriptif, yaitu pendekatan penelitian yang dimaksud untuk menjelaskan fenomena atau karakteristik individu, situasi atau kelompok tertentu secara akurat. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan model secara reduksi, penyajian data dan verifikasi data. Dari data yang peneliti peroleh, maka peneliti mendapatkan hasil dengan kategori cukup baik. Oleh karena itu peneliti memperoleh kesimpulan bahwa peran yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik Kelas XI Bahasa di MAN Bawu Jepara, guru bimbingan konseling mampu menjadi pembimbing, contoh dan teladan, pengawas, dan pengendali. Dimana guru bimbingan dan konseling senantiasa mengawasi perilaku peserta didik pada jam-jam sekolah, agar tidak terjadi penyimpangan perilaku atau tindakan yang indisiplin. Guru bimbingan dan konseling hendaknya memberikan pemahaman kepada peserta didik mengenai pentingnya disiplin dan layanan bimbingan konseling, dan menambah kegiatan layanan bimbingan dan konseling khususnya layanan yang dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MAN Bawu Jepara. Dari hasil penelitian, peneliti memberikan saran bagi sekolah yang bersangkutan untuk mempertahankan dan meningkatkan kedisiplinan yang telah dilaksanakan, menjadi contoh dan memberikan pengetahuan tentang pentingnya kedisiplinan dalam menumbuhkan pembiasaan-pembiasaan yang baik dan perhatian yang positif. Agar penegakan kedisiplinan peserta didik di MAN Bawu Jepara benar-benar mampu meningkatkan dan mewujudkan tujuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Widodo Supriyono, M. A.; Dr. H. Fatah Syukur, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan konseling kelompok; Kedisiplinan siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 08 Apr 2016 07:52
Last Modified: 08 Apr 2016 07:52
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5308

Actions (login required)

View Item View Item