Pengaruh penggunaan model pembelajaran permainan kartu dengan menggunakan media ular tangga terhadap pemahaman siswa pada konsep tekanan di MTs Nur Anom Gringsing Batang kelas VIII semester II tahun pelajaran 2012/2013

Musyabihah, Quni (2014) Pengaruh penggunaan model pembelajaran permainan kartu dengan menggunakan media ular tangga terhadap pemahaman siswa pada konsep tekanan di MTs Nur Anom Gringsing Batang kelas VIII semester II tahun pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093611026.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran permainan kartu dengan menggunakan media ular tangga terhadap pemahaman IPA terpadu konsep tekanan pada siswa MTs Nur Anom Gringsing Batang kelas VIII semester II tahun pelajran 2012/2013. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran fisika, kurangnya alat-alat praktikum khususnya pada materi Tekanan, dan rendahnya pemahaman konsep, siswa mengalami kesulitan dalam mengingat dan memahami pelajaran sehingga banyak yang mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Nur Anom Gringsing Batang. Sebelum pengambilan sampel, semua kelas diuji keseimbangannya dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan nilai ulangan sebelumnya. Karena semua populasi digunakan dalam penelitian maka penelitian ini disebut penelitian populasi. Selanjutnya dalam kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran permainan kartu dengan menggunakan media ular tangga. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Dari data dokumentasi diperoleh data hasil ulangan siswa, data siswa kelas VIII dan kelas IX MTs Nur Anom Grinsing tahun pelajaran 2012/2013. Sedangkan tes diberikan setelah kelas eksperimen diberi perlakuan. Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda butir soal tes. Analisis data nilai post test menggunakan uji t dua pihak. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dua pihak tersebut diperoleh thitung = 3,84 sedangkan dari tabel distribusi t diperoleh ttabel = 1,671. Pertanyaan di atas menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Jadi Ha diterima. Artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran permainan kartu dengan menggunakan media ular tangga pada materi konsep tekanan berbeda secara nyata dengan kelas yang diberikan dengan model pembelajaran konvensional. Sedangkan nilai rata-rata pemahaman siswa kelas eksperimen 71,50 sedangkan pada kelas kontrol 61,21. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh nilai rata-rata hasil pemahaman siswa pada materi konsep tekanan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran permainan kartu dengan menggunakan media ular tangga terhadap pemahaman siswa pada konsep tekanan di MTs Nur Anom Gringsing Batang kelas VIII semester II tahun pelajarn 2012/2013.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mmodel pembelajaran, permainan kartu, ular tangga, konsep tekanan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Additional Information: Pembimbing : Nur Uhbiyati, Wenty Dwi Yuniarti
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 06 Apr 2016 08:51
Last Modified: 06 Apr 2016 08:51
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5309

Actions (login required)

View Item View Item