Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia pada Materi Pokok Laju Reaksi Melalui Penggunaan Kombinasi Metode Eksperimen dengan Metode Mind Mapping Bervisi Sets pada Siswa Kelas XI IPA SMA NU 05 Brangsong Tahun Pelajaran 2011/2012

Faizah, Nurul (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia pada Materi Pokok Laju Reaksi Melalui Penggunaan Kombinasi Metode Eksperimen dengan Metode Mind Mapping Bervisi Sets pada Siswa Kelas XI IPA SMA NU 05 Brangsong Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
053711238_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
053711238_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053711238_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053711238_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053711238_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053711238_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
053711238__Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan kombinasi antara metode eksperimen dengan metode mind mapping bervisi SETS dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia materi pokok Laju Reaksi. Studi kasus siswa kelas XI SMA NU 05 Brangsong tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 19 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan kombinasi antara metode eksperimen dengan metode mind mapping bervisi SETS. Metode ini merupakan suatu metode yang memanfaatkan imajinasi dan asosiasi dengan belajar melihat gambaran secara keseluruhan yang dikaitkan dengan aspek Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat sebagai satu kesatuan serta saling mempengaruhi secara timbal balik dan dikombinasikan dengan praktikum yang dapat membantu siswa untuk belajar lebih cepat, mudah dan efisien sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat lebih baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar mind mapping bervisi SETS, lembar observasi keaktifan siswa, lembar observasi kinerja guru dan evaluasi belajar di tiap akhir siklus untuk mengetahui hasil belajar siswa dan hasil kinerja guru dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa diperoleh dari nilai tes evaluasi di tiap akhir siklus. Sedangkan keberhasilan keaktifan siswa diperoleh dengan metode observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, keaktifan siswa mencapai 52,63% dan rata-rata hasil belajar 66,63 dengan ketuntasan belajar 52,63%, pada tahap ini tidak menggunakan kombinasi antara metode eksperimen dengan metode mind mapping bervisi SETS. Kemudian dilaksanakan tindakan pada siklus I, dengan kombinasi antara metode eksperimen dengan metode mind mapping bervisi SETS, siswa menjadi aktif dan pemahaman konsep siswa lebih optimal. Keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 68,75% dan rata-rata hasil belajar 69,47 dengan ketuntasan klasikal sebesar 64,73%. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan, pada siklus II keaktifan siswa mengalami peningkatan yaitu 88,15% dengan rata-rata hasil belajar adalah 76,84 dan ketuntasan klasikal sebesar 89,47%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan kombinasi antara metode eksperimen dengan metode mind mapping bervisi SETS, keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikian, diharapkan dari hasil penelitian ini akan bisa memberikan sumbangsih dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, serta informasi sekaligus masukan bagi civitas akademika Fakultar Tarbiyah IAIN Walisongo khususnya dan segenap praktisi pendidikan pada umumnya, guna menciptakan satu pola pendidikan yang senatiasa sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Kimia; Metode Eksperimen; Metode Mind Mapping
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Kimia
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Dec 2013 06:43
Last Modified: 05 Dec 2013 06:43
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/531

Actions (login required)

View Item View Item