Peningkatan aktivitas dan hasil belajar Fisika materi kalor dengan metode diskusi berbantu media visual berbasis Microsoft Powerpoint siswa kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu tahun pelajaran 2014/2015

Purnomo, Rudy (2015) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar Fisika materi kalor dengan metode diskusi berbantu media visual berbasis Microsoft Powerpoint siswa kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113611052.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu Aktivitas dan hasil belajar fisika siswa Kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu masih rendah.Hal ini ditandai dengan aktivitas dan hasil belajar dalam pencapaian KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang dibawah standar (≤ 65). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran dengan Media Visual berbasis Microsoft Powerpoint pada materi kalor. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu pada Maret sampai April tahun 2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu yang berjumlah 40 siswa. Data penelitian ini berupa aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa yang diketahui dari hasil observasi dan evaluasi yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Ketuntasan aktivitas dan hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan hasil skor evaluasi yang dilaksanakan di setiap siklus menggunakan kriteria ketuntasan belajar. Siswa mencapai ketuntasan belajar jika telah mencapai nilai ≥ 65 dan daya serap klasikal 80% siswa yang mencapai nilai ≥ 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pembelajaran Metode Diskusi berbantu media visual berbasis Microsoft Powerpoint dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 73% dan pada siklus II sebesar 86%. Pembelajaran media visual berbasis Microsoft Powerpoint juga memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa yaitu dari sebelum tindakan sebesar 16 siswa (40 %) yang tuntas belajar (yang memperoleh nilai di atas KKM = 65,0) , pada Siklus I menjadi 27 siswa (68 %), dan pada Siklus II meningkat menjadi 33 siswa atau 83 %.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Media pembelajaran; Hasil belajar; Fisika; Kalor; Media visual
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Additional Information: Pembimbing: Andi Fadllan, S. Si., M. Sc.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 14 Apr 2016 06:25
Last Modified: 14 Apr 2016 06:25
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5330

Actions (login required)

View Item View Item