Implementasi metode تِكْرَارًا dalam meningkatkan keterampilan menghafal kaidah-kaidah ilmu تَجْوِيْدٌ dan غَرِيْبُ اْلقُرْﺁنِ pada siswa kelas Al-Qur’an MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang

Rockim, Fatchur (2014) Implementasi metode تِكْرَارًا dalam meningkatkan keterampilan menghafal kaidah-kaidah ilmu تَجْوِيْدٌ dan غَرِيْبُ اْلقُرْﺁنِ pada siswa kelas Al-Qur’an MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911017.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepedulian dan keprihatinan peneliti tentang pembelajaran al-Qur’an, karena pendidikan al-Qur’an dapat menjadi modal utama pendidikan karakter dari anak. Perbedaan dan ketidaktepatan bacaan antara orang-orang pada umumnya dibandingkan kebenaran dan kefasihan bacaan imam-imam yang ahli membaca al-Qur’an, bisa jadi dilatarbelakangi oleh faktor cara baca yang sekedarnya saja. Artinya tidak menghiraukan atau mungkin ketidaktelitian dalam memperhatikan kaidah-kaidah cara membaca al-Quran yang baik dan benar. Dan kesalahan itu bisanya terjadi pada pendidikan dasar, karena membaca al-Qur’an pada umumnya dipelajari sejak pendidikan dini dan pendidikan dasar. Dalam penelitian ini penulis berusaha menggambarkan keadaan pembelajaran al-Qur’an di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang, Dengan Implementasi metode تَجْوِيْدٌ untuk memahami kaidah-kaidah Ilmu تَجْوِيْدٌ dan غَرِيْبُ اْلقُرْﺁنِ. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan mendeskripsikan penerapan metode تَجْوِيْدٌ untuk memahami kaidah-kaidah Ilmu تَجْوِيْدٌ dan غَرِيْبُ اْلقُرْﺁنِ dengan analisis data non-statistik. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana Implementasi metode تَجْوِيْدٌ untuk memahami kaidah-kaidah Ilmu تَجْوِيْدٌ dan غَرِيْبُ اْلقُرْﺁنِ di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang 2) Apa Saja Problematika تَجْوِيْدٌ Dalam Memahami Kaidah-Kaidah تَجْوِيْدٌ dan غَرِيْبُ اْلقُرْﺁنِ di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang? Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode Implementasi metode تَجْوِيْدٌ untuk memahami kaidah-kaidah Ilmu تَجْوِيْدٌ dan غَرِيْبُ اْلقُرْﺁنِ di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang sebelumnya dilakukan perencanaan yang matang, terbukti dengan adanya pengelompokan peserta didik dari bermacam kelas dan usia menjadi satu kelas yakni kelas al-Quran. Setelah dilakukan riset oleh penulis ternyata kendala-kendala yang di hadapi diantaranya dari diri siswa sendiri yakni kodisi keluarga, lingkungan peserta didik dan motivasi peserta didik. Kemudian problematika bukan dari dalam diri peserta didik diantaranya: motivasi dan kompetensi guru dan lingkungan belajar peserta didik yang mencakup tempat belajar peserta didik dan jumlah anak yang menempati ruang saat belajar. Manfaat Penelitian ini yaitu memberikan sumbang pemikiran dalam melakukan inovasi pembelajaran al-Qur’an melalui Implementasi metode dril untuk memahami kaidah-kaidah Ilmu تَجْوِيْدٌ dan غَرِيْبُ اْلقُرْﺁنِ.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: metode hafalan Alqur'an, tajwid
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Nadhifah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 08 Apr 2016 03:00
Last Modified: 08 Apr 2016 03:00
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5332

Actions (login required)

View Item View Item