Pendidikan karakter dalam Pendidikan Agama Islam pada Kelas IV (study kasus di SD Ngesrep 02 Semarang)

Yasin, Mohammad (2014) Pendidikan karakter dalam Pendidikan Agama Islam pada Kelas IV (study kasus di SD Ngesrep 02 Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911043.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas IV di SD Nesrep 02 Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh substansi mata pelajaran pendidikan agama Islam yang memiliki kontribusi dalam pembentukan akhlaqul karimah dalam kehidupan sehari-hari dan memahami tentang nilai-nilai keagamaan serta problematika yang dihadapi dalam proses pembelajarannya dalam pembentukan karakter peserta didik. Dari desain perencanaan pembelajaran yang masih berpusat pada anak, KBM yang terjadi tidak kontekstual dengan kehidupan anak dan evaluasi yang jarang dilakukan. Study ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1). Bagaimanakah penerapan pendidikan karakter dalam pendidikan agama Islam kelas IV di Sekolah Dasar (SD) Ngesrep 02 Semarang? 2). Adakah problematika dan solusi yang ada pada penerapan pendidikan agama Islam kelas IV di Sekolah Dasar (SD) Ngesrep 02 Semarang? Permasalahan tersebut dibahas dengan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan analisis data dari tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan simpulan data. Data yang terkumpul semata-mata bersifat deskriptif dimana analisis datanya dilakukan secara induktif. Kajian ini menunjukkan bahwa 1). Pada penerapan pendidikan karakter dalam pendidikan agama Islam kelas IV di SD Ngesrep 02 Semarang dengan menggunakan metode pembiasaan dan keteladanan yang ada dalam materi PAI kelas IV. Dengan demikian, peserta didik mempunyai karakter berfikir dan bersikap sesuai dengan nilai-nilai pendidikan karakter dan ajaran agama Islam. Sehingga insan kamil seperti yang dicita-citakan bisa terwujud. Pada pelaksanaannya diorganisasikan sedemikian rupa dengan melakukan penentuan tema dan materi yang akan disampaikan, kemudian diimplementasikan baik di kelas maupun diluar kelas dengan menggunakan pendekatan proses belajar peserta didik secara aktif dan berpusat pada anak, dilakukan melalui kegiatan di kelas, sekolahan, dan masyarakat. Proses penilaian pendidikan karakter dalam pendidikan agama Islam pada kelas IV di SD Ngersep 02 Semarang, proses penilaian terhadap perkembangan karakter belum dilakukan, hal ini disebabkan karena tidak adanya pengawasan dari Kemendiknas, akan tetapi evaluasi tersebut diserahkan kepada sekolah, sehingga pihak sekolah merasa kurang ada tanggung jawab untuk mempertanggungjawabkan perihal penerapan pendidikan karakter. 2). Ada beberapa problematika yang dihadapi SD Ngesrep 02 Semarang dalam pendidikan karakter pada kelas IV, yaitu: (a) dari orang tua, mempunyai cara pandang yang berbeda terhadap pembentukan karakter anak antar guru di sekolah dan orang tua di rumah, serta kondisi lingkungan keluarga dan masyarakat sehingga menyulitkan dalam menanamkan nilai-nilai karakter karena interaksi-interaksi yang ada saling mempengaruhi. (b). Dari siswa dalam menghadapi kemajuan teknologi, yang menghambat adalah mereka lupa akan kewajiban dalam belajar karena lupa waktu, dan sifat nakal dan penuh emosional dari sebagian siswa, sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama untuk mengubahnya. (c). Dari sekolah, terbatasnya waktu jam tatap muka, sehingga pendidikan karakter dalam mata pelajaran PAI pada kelas IV di SD Ngesrep 02 Semarang belum efektif, kurangnya kreatifitas yang dimiliki oleh guru dalam penyampaian materi, sehingga proses pemberian materi terhadap peserta didik kelas IV kurang efektif dan kurangnya pemberian contoh dalam penerapan pendidikan karakter yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik dalam Implementasiannya pendidikan karakter di sekolah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Additional Information: Pembimbing : Ahmad Sudja’i, Abdul Kholiq
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 08 Apr 2016 03:46
Last Modified: 08 Apr 2016 03:46
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5340

Actions (login required)

View Item View Item