Meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi melalui metode pembelajaran jigsaw di kelas V MI Miftahul Muhtadin tahun ajaran 2014/2015

Alfianita, Azza (2015) Meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi melalui metode pembelajaran jigsaw di kelas V MI Miftahul Muhtadin tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113911015.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS khususnya materi proklamasi mengalami beberapa kesulitan, diantaranya: mengetahui peristiwa-peristiwa penting sekitar proklamasi, mengetahui tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia dalam memperjuangkan Kemerdekaan RI. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional dengan ceramah, guru hanya mencatat materi, menerangkan, kemudian memberikan contoh dan setelah itu guru memberikan soal untuk dikerjakan. Sehingga peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran cooperative learning pada proses pembelajaran materi proklamasi dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw kelas V MI Miftahul Muhtadin Kayen Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian model pembelajaran Cooperative Learning dengan metode jigsaw ini untuk mengetahui hasil belajar IPS kelas V MI Miftahul Muhtadin Kayen Pati tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber kajian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Miftahul Muhtadin. Teknik pengumpulan data dalam penelitan ini menggunakan beberapa metode yaitu (1) dokumentasi,(2) wawancara, (3) observasi, (4) tes akhir Siklus. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus sekaligus dengan langkah-langkah perencanaan, observasi, refleksi, kolaborasi. Analisis data deskriptif kuantitatif. Ketuntasan hasil belajar siswa MI Miftahul Muhtadin Kelas V dalam pembelajaran IPS hanya mencapai 37,5% dari nilai Kriteria ketuntasan minimal yakni 65 dengan target ketuntasan adalah 70%. Pra siklus prestasi belajar siswa rendah, yakni ketuntasan hanya 6 orang atau 37,5% dengan nilai rata-rata 60,31%. Nilai tertinggi pada tahap pra siklus 80 dan nilai terendah 50 . setelah dilakukan tindakan-tindakan pada siklus pertama diperoleh hasil belajar berdasarkan evaluasi yang diberikan oleh guru pada akhir pelajaran pada siklus pertama hanya 7 siswa 50% kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata 63,44%, nilai tertinggi yang dicapai adalah 80 sedangkan nilai terendah adalah 55. Adanya hasil yang demikian tentu saja belum sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal maka dilanjutkan dengan siklus kedua. Evaluasi siklus kedua, siswa yang sudah dianggap tuntas memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal dalam mengerjakan soal evaluasi adalah sejumlah 13 siswa 81,25% dengan nilai rata-rata 68,44%, nilai tertinggi yang didapat adalah 85 dan nilai terendah adalah 55.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hasil belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Sukasih, M. Pd.; Drs. H. Karnadi, M. Pd.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 14 Apr 2016 06:47
Last Modified: 14 Apr 2016 06:47
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5352

Actions (login required)

View Item View Item