Peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar IPA materi menjaga lingkungan dengan menggunakan model Index Card Match di kelas III MI An-Nur Penggaron Kidul Pedurungan Semarang semester genap tahun pelajaran 2014/2015

Chomsiyati, Ana (2015) Peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar IPA materi menjaga lingkungan dengan menggunakan model Index Card Match di kelas III MI An-Nur Penggaron Kidul Pedurungan Semarang semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123911133.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran IPA di kelas III MI An-Nur Penggaron Kidul Pedurungan Semarang yang masih bersifat klasik seperti ceramah, tanya jawab dan resitasi, sehingga proses pembelajaran yang terjadi berpusat pada guru. Pelaksanaan pembelajaran yang berpusat pada guru memposisikan peserta didik pasif, sehingga peserta didik hanya mendengar, menulis dan menghafal yang akhirnya siswa gaduh di kelas karena mengalami kebosanan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah model index card match dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar IPA materi menjaga lingkungan di kelas III MI An-Nur Penggaron Kidul Pedurungan Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model index card match dapat meningkatkan pembelajaran IPA materi menjaga lingkungan di kelas III MI An-Nur Penggaron Kidul Pedurungan Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini terlihat dari hasil belajar per siklus di mana pada pra siklus hanya ada 6 peserta didik atau 40% yang lulus yang mendapatkan nilai diatas KKM (70). Siklus I ada 10 peserta didik atau 67% yang lulus yang mendapatkan nilai diatas KKM (70), dan pada siklus II ada 13 peserta didik atau 87% yang lulus yang mendapatkan nilai diatas KKM (70). Peningkatan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa per siklus di mana pada siklus I ada 10 peserta didik atau 67%, mengalami kenaikan pada siklus II yakni ada 13 peserta didik atau 87%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sains untuk pendidikan dasar; Keaktifan belajar; Menjaga lingkungan; Metode pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hamdan Hadi Kusuma, M. Sc.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 14 Apr 2016 06:53
Last Modified: 14 Apr 2016 06:53
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5357

Actions (login required)

View Item View Item