Upaya meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi cerita anak dengan metode Jigsaw di kelas VI MI NU 14 Pekauman Kendal semester gasal tahun Ppelajaran 2015/2016

Maskanah, Maskanah (2015) Upaya meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi cerita anak dengan metode Jigsaw di kelas VI MI NU 14 Pekauman Kendal semester gasal tahun Ppelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123911143.pdf - Accepted Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas upaya meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi cerita anak dengan metode jigsaw di kelas VI MI NU 14 Pekauman Kendal semester gasal tahun pelajaran 2015/2016. Kajiannya dilatar belakangi oleh, masih banyak peserta didik yang kurang bergairah dan tidak semangat dalam belajar. Hal ini ditunjukkan dari sikap sebagian peserta didik, diantaranya yaitu: peserta didik tidak sungguh-sungguh menikmati cerita yang didengar, berbicara sendiri, bergurau ketika cerita sedang dibacakan guru, tidak ada yang mengajukan pertanyaan, apalagi menjawab pertanyaan guru. Akhirnya berdampak pada hasil ulangan harian peserta didik yang kurang sesuai harapan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan motivasi belajar peserta didik. Teknik dalam pengumpulan data peneliti menggunakan hasil observasi. Teknik ini dipandang tepat bagi peneliti, karena yang diteliti adalah motivasi belajar peserta didik. Semua data yang terkumpul kemudian di analisis dengan pendekatan fenomologi dan analisis deskriptif menggunakan logika induksi, deduksi, dan refleksi. Kajian ini menunjukkan bahwa: Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan peningkatan motivasi belajar peserta didik sangat signifikan yakni sudah mencapai 85% ke atas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Siklus 2 dilaksanakan sebagai penyempurna siklus 1. Pembelajaran menggunakan metode jigsaw ini diikuti oleh 20 peserta didik, kemudian dibagi dalam kelompok sebanyak 4 kelompok yakni sebagai kelompok asal. Setiap kelompok asal terdiri dari 5 peserta didik yakni sebagai kelompok ahli pokok bahasan. Kondisi awal motivasi belajar peserta didik sebelum dilakukan penelitian memiliki motivasi belajar klasikal sebanyak 40% atau hanya 8 peserta didik yang sudah muncul motivasi belajarnya atau dengan kategori baik. Setelah dilakukan penelitian tindakan pada siklus 1 yakni dengan hasil observasi, diketahui hasil analisis terjadi peningkatan motivasi belajar peserta didik menjadi 75% atau 15 peserta didik yang sudah muncul dengan kategori baik dan kategori cukup. Karena hasil penelitian pada siklus 1 belum mencapai indikator yang ditentukan, maka peneliti melanjutkan penelitian pada siklus 2. Setelah dilakukannya tindakan siklus 2, motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan secara signifikan. Yakni perbandingan dari siklus 1 dengan hasil pencapaian 75% atau 15 peserta didik dengan rincian 50% atau 10 peserta didik dengan hasil kategori baik dan 25% atau 5 peserta didik dengan kategori sedang, sedangkan hasil penelitian siklus 2 yakni 90% atau 18 peserta didik mengalami peningkatan motivasi belajar dengan kategori baik. Hal ini membuktikan bahwa peningkatan motivasi belajar hasilnya melebihi indikator ketercapaian yang sudah ditentukan yakni 85%. Maka penelitian ini dihentikan pada siklus 2.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; Cerita anak; Metode pembelajaran; Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Zulaikhah, M. Ag., M. Pd.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 14 Apr 2016 06:55
Last Modified: 14 Apr 2016 06:55
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5358

Actions (login required)

View Item View Item