Penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) melalui model inkuiri dalam materi lingkungan sehat dan tidak sehat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 semester 1 MI Bahrul Ulum Temuroso Demak tahun pelajaran 2015/2016

Niam, Mursidi (2015) Penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) melalui model inkuiri dalam materi lingkungan sehat dan tidak sehat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 semester 1 MI Bahrul Ulum Temuroso Demak tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123911145.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi proses pembelajaran IPA materi lingkungan sehat dan tidak sehat di MI Bahrul Ulum Temuroso Demak tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu guru masih menggunakan metode lama yakni metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab dan metode penugasan sehingga pembelajaran yang berlangsung kurang menarik dan membosankan sehingga siswa tidak antusias dan cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana penerapan SPBM melalui model inkuiri dalam materi lingkungan sehat dan tidak sehat di kelas 3 semester 1 MI Bahrul Ulum Temuroso Demak Tahun Pelajaran 2015/2016?, dan Apakah penerapan SPBM melalui model inkuiri dalam materi lingkungan sehat dan tidak sehat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 semester 1 MI Bahrul Ulum Temuroso Demak Tahun Pelajaran 2015/2016?. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SPBM melalui model inkuiri dalam materi lingkungan sehat dan tidak sehat di kelas 3 semester 1 MI Bahrul Ulum Temuroso Demak Tahun Pelajaran 2015/2016 dilakukan dengan guru membagi siswa dalam beberapa kelompok menjawab permasalahan yang ada dalam LKS, setiap kelompok bekerja sama dengan seksama dan hasil dari kerja kelompok dipresentasikan ke depan kelas sedangkan kelompok lain mengomentari. Dan Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam materi lingkungan sehat dan tidak sehat setelah menerapkan SPBM melalui model inkuiri di kelas 3 semester 1 MI Bahrul Ulum Temuroso Demak Tahun Pelajaran 2015/2016, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa dalam setiap siklusnya di mana pada pra siklus pra siklus ada 13 siswa atau 45% yang tuntas, kemudian mengalami kenaikan pada siklus I yaitu ada 20 siswa atau 69% dan pada siklus II ada 24 siswa atau 83%, peningkatan juga terjadi keaktifan belajar siswa, di mana pada siklus I yaitu ada 16 siswa atau 55% dan pada siklus II ada 26 siswa atau 86%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM); Metode pembelajaran; Hasil belajar; Lingkungan; Pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Hj. Malikhatul Hidayah, ST., M. Pd.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 27 Apr 2016 02:28
Last Modified: 27 Apr 2016 02:28
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5359

Actions (login required)

View Item View Item