Pendidikan karakter sufistik menurut Imam Al-Ghazali (Studi analisis dalam kitab Ihyâ’ ‘Ulumddîn (bab Riyâdlatun al-Nafs)

‘AthoIllah, Muhammad (2015) Pendidikan karakter sufistik menurut Imam Al-Ghazali (Studi analisis dalam kitab Ihyâ’ ‘Ulumddîn (bab Riyâdlatun al-Nafs). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
094411021.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi menjamurnya perilaku-perilaku negatif yang berkembang dimasyarakat, semua tokoh-tokoh penting islam membahas masalah pendidikan karakter yaitu pendidikan akhlak mereka juga memprioritaskan hal tersebut karena memang pendidikan akhlak sangat penting agar terbentuknya pribadi baik yang berakhlak mulia. Imam Al-Ghazali merupakan salah satu tokoh islam, didalam kitabnya Ihyâ’ ‘Ulum al-ddîn Bab Riyâdlatun al-Nafs juga terdapat metode bagaimana cara untuk mencapai pribadi baik yang berakhlak mulia. Kitab tersebut mengarahkan seseorang akan pentingnya akhlak yang baik kepada Allah dan kepada sesama. Penelitian ini mencoba menjawab permasalahan: 1) Bagaimana pendidikan karakter menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya‘ Ulumuddin juz 3 2 ,?(ز اٍضت النفس) ) Bagaimana relevansi pendidikan karakter Imam Al-Ghazali pada zaman sekarang? Jenis penelitian ini mengunakan metode library research (kepustakaan), metode analisis data disini menggunakan hermeneutics, yaitu salah satu pendekatan untuk menganalisis dan menginterpretasi data yang berpusat pada makna data kualitatif khususnya data teks. Peneliti mencoba mengurutkan, mengartikan dan menjelaskan data yang terkumpul sehingga dapat dipahami Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pendidikan karakter menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihyâ’ ‘Ulum al-ddîn juz 3 ز اٍضت النفس) ) mengarahkan pentingnya akhlak dan dengan hati bersih yang didalamnya terdapat keimanan yang kuat akan menghasilkan karakter yang baik yang religius, humanis, sosialis, tidak sombong, yang bisa menjaga nafsu amarah. 2) Relevansi pendidikan karakter Imam Al-Ghazali pada zaman sekarang adalah metode memberihkan hati, memprioritaskan keimanan, pencapaian kebahagian dunia akhirat, sabar, zuhud, dermawan, jujur, sopan senada dengan pendidikan saat ini khususnya pendidikan islam. Dengan karena itu pendidikan karakter ini secara responsif mudah diterima sebagai tata cara pelaksanaan pendidikan karakter agar tercipta kehidupan bermasyarakat yang ideal yaitu sesuai fitrahnya manusia sebagai makhluk sosial yaitu menjaga hubungan sesama dengan tidak melakukan sesuatu yang merugikan orang lain dan manusia sebagai makhluk berketuhanan yaitu dengan menjaga hubungan dengan Tuhan yang maha esa dengan mentaati semua peraturanNya dan meninggalkan semua larangan-Nya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; Sufistik; Tasawuf
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Tasawuf dan Psikoterapi
Additional Information: Pembimbing: Prof. DR. H. Ghazali Munir, M. A.; Dr. H. M. In‘amuzzahidin, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 27 Apr 2016 02:41
Last Modified: 27 Apr 2016 02:41
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5366

Actions (login required)

View Item View Item