Korelasi antara tingkat kecerdasan intelegensi (IQ) dengan tingkat kecerdasan spiritual (SQ) siswa di MA NU Nurul Huda Semarang tahun ajaran 2013/2014

Cholilurohman, Abdul Fatah (2014) Korelasi antara tingkat kecerdasan intelegensi (IQ) dengan tingkat kecerdasan spiritual (SQ) siswa di MA NU Nurul Huda Semarang tahun ajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111002.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas hubungan antara kecerdasan intelegensi (IQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) siswa. Penelitian ini bermaksud untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana tingkat Kecerdasan Intelegensi (IQ) siswa kelas XII MA NU Nurul Huda Semarang? (2) Bagaimana tingkat Kecerdasan Spiritual (SQ) siswa kelas XII MA NU Nurul Huda Semarang? (3) Apakah ada hubungan antara Tingkat Kecerdasan Intelegensi (IQ) dengan Tingkat Kecerdasan Spiritual (SQ) siswa kelas XII MA NU Nurul Huda Semarang? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil sumber data primer yaitu seluruh siswa kelas XII MA NU Nurul Huda Semarang tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 115 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket untuk memperoleh data variabel Y yaitu tingkat kecerdasan spiritual (SQ) siswa, dan dokumentasi untuk memperoleh data variabel X yaitu tingkat kecerdasan intelegensi (IQ) siswa di MA NU Nurul Huda Semarang tahun ajaran 2013/2014. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif selanjutnya teknik statistik, pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dari variabel x (kecerdasan intelegensi), dapat diketahui bahwa mean dari tingkat kecerdasan intelegensi (IQ) siswa kelas XII MA NU Nurul Huda tahun ajaran 2013/2014 adalah 97, termasuk dalam kategori “rata-rata”. Dari variabel y (kecerdasan spiritual), dapat diketahui dari hasil penelitian bahwa mean dari tingkat kecerdasan spiritual siswa kelas XII MA NU Nurul Huda tahun ajaran 2013/2014 adalah 80, termasuk dalam kategori “cukup”. Pada uji hipotesis dengan rumus korelasi product moment yang dilanjutkan dengan koefisien determinasi. Dari perhitungan diperoleh r = 0,497 masuk dalam kategori cukup kuat dan KP = 24,69% Artinya variabel X (kecerdasan intelegensi siswa) memberikan kontribusi terhadap variabel Y (kecerdasan spiritual siswa kelas XII MA NU Nurul Huda Semarang tahun ajaran 2013/2014) sebesar 24,69% dan sisanya 75,31% ditentukan oleh variabel lain. Selanjutnya, untuk menguji signifikansi antara variabel X dan variabel Y, maka dilakukan penghitungan dengan uji t. Setelah dilakukan penghitungan terhadap uji t, diperoleh thitung = 3,338. Kemudian, nilai thitung tersebut di konsultasikan terhadap nilai ttabel 5% = 1,697 dan nilai ttabel 1% = 2,457. Berdasarkan hal tersebut, dapat dijelaskan bahwa thitung > ttabel baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5% yang besarnya (3,338 > 2,457) dan (3,338 > 1,697). Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan intelegensi dengan kecerdasan spiritual siswa kelas XII MA NU Nurul Huda Semarang tahun ajaran 2013/2014.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan intelegensi (IQ), kecerdasan spiritual (SQ)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing : Abdul Wahib, Ani Hidayati
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 13 Apr 2016 07:20
Last Modified: 13 Apr 2016 07:20
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5385

Actions (login required)

View Item View Item