Konsep spiritual quotient dalam perspektif pendidikan islam.

Fitriyana, Anis Maulida (2014) Konsep spiritual quotient dalam perspektif pendidikan islam. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111012.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Konsep Spiritual Quotient dalam Perspektif Pendidikan Islam. Kajiannya dilatarbelakangi oleh SQ yang merupakan landasan yang diperlukan untuk memfungsikan IQ dan EQ secara efektif. Bahkan SQ merupakan kecerdasan tertinggi. Sehingga manusia yang mempunyai SQ tinggi merupakan kategori manusia yang berakhlak mulia. Maka pendidikan Islam akan berperan dalam aspek humanitas yang sebenarnya dapat dimaksimalkan melalui kepekaan SQ. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah Konsep Umum Tentang Spiritual Quotient ? (2) Bagaimanakah Konsep Spiritual Quotient Dalam Perspektif Pendidikan Islam ? Permasalahan tersebut dibahas melalui pengumpulan data pustaka, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian. Karya ilmiah ini termasuk jenis penelitian library research, yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian yang merupakan suatu riset kepustakaan atau penelitian murni. Semua data dianalisis dengan metode Deskriptif dan Interpretatif atau penafsiran. Kajian ini menunjukkan bahwa : (1) Kecerdasan spiritual (SQ) berarti kemampuan dapat mengenal dan memahami diri kita sepenuhnya sebagai makhluk spiritual maupun sebagai bagian dari alam semesta. Dengan memiliki kecerdasan spiritual berarti kita memahami sepenuhnya makna dan hakekat kehidupan yang kita jalani dan ke manakah manusia akan pergi. Berdasarkan kedua konsep tersebut menunjukkan bahwa SQ Barat lebih berorientasi kepada penyelesaian dan pencapaian kebahagian dunia semata, sedangkan SQ Islam lebih kepada pencapaian kebahagiaan dunia maupun akhirat. Jika keduanya dipergunakan secara ideal maka SQ bisa diimplementasikan demi tercapainya “kebahagiaan” baik di dunia maupun di akhirat. Idealnya, konsep SQ adalah kemampuan memahami kesadaran diri melalui hati (qolb) dengan termotivasi untuk mencari kebenaran yang hakiki (ruh ilahiyah) dan mengamalkan apa yang diajarkan Tuhan kehidupan sehari-hari supaya kita dapat mencapai kebahagian baik di dunia maupun akhirat.(2) Konsep Spiritual Quotient dalam perspektif pendidikan Islam merupakan Pendidikan spiritualitas yang dapat menajamkan kualitas kecerdasan spiritual, yaitu nilai-nilai spiritualitas itu sendiri yang di tujukan ke dalam pendidikan. Nilai-nilai yang dimaksud adalah kejujuran, keadilan, kebaikan, kebersamaan, kesetiakawanan sosial, dan masih banyak lagi. Nilai-nilai ini harus dileburkan kedalam diri peserta didik sejak usia dini. Nilai-nilai seperti kejujuran dan keteladanan moral yang baik itulah yang menjadi level tertinggi kecerdasan spiritual. Kecerdasan spiritual juga mendidik hati ke dalam budi pekerti yang baik dan moral yang beradab yang efektif mendidik perilaku manusia yang rusak dan juga menjadi petunjuk manusia untuk menjalani hidup secara sopan dan beradab. Untuk itu, sebagai hamba Allah, manusia harus menjalin hubungan baik dengan Tuhannya yakni mengabdikan dirinya kepada Allah (Hablum Min Allah), sedangkan sebagai khalifah di muka bumi ia harus meninternalisasikan nilai-nilai spiritual ke dalam kehidupan sehari-hari guna menjalin berhubungan baik dengan sesama manusia (Hablum Min an-Nas). Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para sifitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang terutama untuk memberi dorongan kepada mahasiswa agar memahami dan mendalami hakikat kecerdasan spiritual, untuk selanjutnya diterapkan di lingkungan pendidikan Islam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Spiritual quotient, pendidikan islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing : Nasirudin, Mursid
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 13 Apr 2016 07:41
Last Modified: 13 Apr 2016 07:41
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5386

Actions (login required)

View Item View Item