Nilai-nilai ‘Ubudiyah dalam kitab Minha<J Al-‘Ab<Idi>n dan relevansinya dengan tujuan pendidikan islam

Azmi, Aula Ulil (2014) Nilai-nilai ‘Ubudiyah dalam kitab Minha<J Al-‘Ab<Idi>n dan relevansinya dengan tujuan pendidikan islam. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111018.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi Diantara persoalan besar yang muncul ditengah-tengah umat manusia sekarang ini adalah krisis spiritualitas. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, dominasi rasionalisme, empirisme, dan positivisme, ternyata membawa manusia kepada kehidupan modern dimana sekularisme menjadi mentalitas zaman dan karenaitu spiritualisme menjadi satu tema bagi kehidupan modern. Seiring dengan kegelisahan manusia modern, ternyata para pendidik pun kerap kali menyoroti kegiatan pendidikan agama yang selamaini berlangsung di sekolah, misalnya Muhaimin, Mochtar Buchori, Soedjatmoko, Rasdianah, Towafdan lain-lain. Pendapat mereka sebagaimana disitir Muhaimin dapat disarikan bahwa beberapa kelemahan dari pendidikan agama Islam di sekolah terutama dalam pemahaman materi pendidikan agama Islam sebagai berikut: (1) Bidang ibadah diajarkan sebagai kegiatan rutin agama dan kurang ditekankan sebagai proses pembentukan kepribadian. (2) Dalam bidang hukum fikih cenderung dipelajari sebagai tata aturan yang tidak akan berubah sepanjang masa, dan kurang memahami dinamika dan jiwa hukum Islam. (3) Orientasi mempelajari Al-Qur’an masih cenderung pada kemampuan membaca teks, belum mengarah pada pemahaman arti dan penggalian makna. (4) Pendekatan masih cenderung normatif, dalam arti pendidikan agama menyajikan norma-norma yang seringkali tanpa ilustrasi konteks sosial budaya sehingga peserta didik kurang menghayati nilai-nilai agama sebagai nilai yang hidup dalam keseharian. Umat Islam dalam menjalankan ibadah hanya dilakukan dari segi aspek lahiriyah (eksoteris) saja, sedangkan aspek batiniyah (esoteris) banyak dilupakan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) apa saja nilai-nilai‘ubudiyah dalam kitab Minha<J Al-‘Ab<Idi>n karya al-ghazali? 2) apakah ada relevansi antara nilai-nilai ‘ubudiyah dalam kitab Minha<J Al-‘Ab<Idi>n karya al-Ghazali dengan tujuan pendidikan Islam? Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan(library research) yang berbentuk kualitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, dengan menggunakanan analisis(content analisys), metode deskriptif dan metode induktif. Hasil penelitian menunjukkan 1) diantara nilai-nilai ‘ubudiyah yang terdapat dalam kitab Minha<J Al-‘Ab<Idi>n adalah: Nilaiat-Ta‘abbud Ma‘a al-‘Ilmi(beribadah disertai dengan ilmu), Tazkiyyatu an-Nafsi‘an Hubbi ad-Dunya< (membersihkan hati dari sifat cinta dunia), al-I‘tiqa<d bi Aqi>datin S{ah{i>h{atin (mempunyai I‘tiqad yang benar), Iqa<matu at-Taubah(melaksanakan taubat sesuai dengan syarat dan rukunnya),‘Adamu wujda<ni hala<wati al-‘Iba<dah li man ‘as{a< rabbah wataraka at-Taubah(Tidak dapatnya merasakan manisnya ibadah bagi pendurhaka yang enggan taubat), at-Tajarrud ‘ani ad-Dunya<(mengosongkan diri (hati) dari dunia), at-Tafarrud ‘ani al-Khalqi(mengasingkan diri dari mahluk), -Muh{a<rabah Ma‘a ash-Shait{an (memerangi setan), al-Qahru li an-Nafsi(mengekang hawa nafsu),at-Tawakkul ‘ala<allah fi>maudhi’I ar-Rizki(berserah diri kepada Allah SWT dalam urusan rizki), at-Tafwi>d{ila Allah fi>maud{i’i al-Khathar(pasrah kepada Allah SWT dalam urusan kekhawatiran-kekhawatiran dalam hati), ar-Rid{a< ‘indanuzūli al-Qad{a<’ (ridha terhadap keputusan Allah SWT), as{-S{abru ‘indanuzūli ash-Shada<’idi (sabar ketika dalam kesulitan atau mendapat musibah), Ar-Raja<’ fi> az{i>mi thawa<billah(pengharapan terhadap besarnya pahala Allah SWT), Al-Khauf min ‘ali>mi ‘iqa<billah(takut terhadap siksa Allah SWT yang pedih), al-Ikhla<s{ wa adh-Dhikru al-Minnah(keikhlasan dan selalu mengingat anugerah Allah SWT), ijtina<bu sifa<tiar-Riya<’ (menjauhi sifat riya’), kathrat al-Hamdiwa as{-S{ukri ‘ala kathiri ni‘a<mihi (memperbanyak puji dan syukur atas nikmat yang besar), Al-ikhtira<s ‘an ikhtiya<ri ma‘a<s{illah(menghindari dari melakukan perbuatan maksiat dengan sengaja). 2) ada relevansinya antara nilai-nilai ubudiyah dalam kitab Minha<J Al-‘Ab<Idi>n karya Al-Ghazali dengan tujuan pendidikan Islam. Dari hasil penelitian diatas bahwasanya ada hubungan antara nilai-nilai ‘ubudiyyah dalam kitab Minha<J Al-‘Ab<Idi>n dengan Tujuan Pendidikan Islam, Maka agar pendidikan yang ada di sekolah-sekolah dalam hal praktek ibadah sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT yakni ibadah yang dilakukan secara lahiriyah(eksoteris) maupun bathiniyah (esoteris), Maka disarankan pertama Kajian kitab Minha<J Al-‘Abidi>n dan semacamnya harus diajarkan di sekolah-sekolah. Kedua pendidik harus menanamkan praktek ‘ubudiyyah tidak hanya dari aspek lahiriyah saja, Akan tetapi aspek bathiniyah harus diperhatikan. Ketiga penanganan kenakalan remaja dan sebagainya harus ditanggulangi dengan pengkajian kitab ini melalui ekstrakuriler ataupun yang lainya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: ‘Ubudiyah, kitab Minha<J Al-‘Ab<Idi>n, pendidikan islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits > 297.1254 Compilation of Hadiths (Hadith books) > 297.12549 Others
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing : Suja’i
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 13 Apr 2016 08:24
Last Modified: 13 Apr 2016 08:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5390

Actions (login required)

View Item View Item