Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar membaca Al – Qur’an siswa kelas VIII MTs NU 17 Kyai Jogoreso Kendal tahun pelajaran 2013/2014

Yusmanto, Bagus (2014) Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar membaca Al – Qur’an siswa kelas VIII MTs NU 17 Kyai Jogoreso Kendal tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111019.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar membaca al-Qur’an siswa kelas VIII MTs NU 17 Kyai Jogoreso Kendal Tahun Pelajaran 2013/2014. Kajiannya dilatarbelakangi oleh adanya peran orang tua yang sangat penting dalam keberhasilan pendidikan anak dengan memberi perhatian, baik perhatian intensif, spontan maupun perhatian disengaja. Dan orang tua juga merupakan guru yang pertama bagi anak sejak lahir dimuka bumi ini. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perhatian orang tua siswa kelas VIII MTs NU 17 Kyai Jogoreso Kendal Tahun Pelajaran 2013/2014? (2) Bagaimana hasil belajar membaca al-Qur’an siswa kelas VIII MTs NU 17 Kyai Jogoreso Kendal Tahun Pelajaran 2013/2014 ? (3) Adakah, pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap hasil belajar membaca al-Qur’an siswa kelas VIII MTs NU 17 Kyai Jogoreso Kendal Tahun Pelajaran 2013/2014 ? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MTs NU 17 Kyai Jogoreso Desa Kertosari Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument kuesioner atau angket untuk menjaring data tentang perhatian orang tua (variabel X) dan data tentang hasil belajar membaca al-Qur’an siswa (variabel Y) didapat dari dokumen daftar nilai raport, penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian sebanyak 70 responden dengan menggunakan teknik semua populasi. Dari dua variabel yang ada, yaitu variabel X (perhatian orang tua) dan variabel Y (hasil belajar membaca al-Qur’an) kemudian data penelitian dari kedua variabel tersebut diolah untuk mengetahui dan menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini. Untuk mengetahui perhatian orang tua siswa MTs NU 17 Kyai Jogoreso Kendal dapat dilihat dari nilai rata-rata angket yaitu 82,8 berada pada interval 79-92, dengan kategori baik, sedangkan hasil belajar membaca al-Qur’an siswa kelas VIII MTs NU 17 Kyai Jogoreso Kendal Tahun Pelajaran 2013/2014 nilai rata-rata mencapai 83,07 berada pada interval 82 – 88, dengan kategori baik sekali. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi satu prediktor menunjukkan adanya pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar membaca al-Qur’an siswa kelas VIII MTs NU 17 Kyai Jogoreso Kendal. Hal ini dibuktikan dengan hasil penghitungan F reg observasi = 21,0326 lebih besar jika dibandingkan dengan angka pada nilai F tabel dengan db = 1 lawan 68 baik pada taraf signifikasi 5 % (21,0326 > 3,98), maupun pada taraf signifikasi 1 % (21,0326 > 7,01), maka menunjukkan angka yang signifikan. Dengan demikian, semakin baik perhatian orang tua, maka semakin baik pula hasil belajar membaca al-Qur’an siswa. Hasil Penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai masukan Kemenag dalam menentukan kebijakan lebih lanjut bagi MTs NU 17 Kyai Jogoreso Kendal mengenai peranan Guru dalam meningkatkan pembelajaran membaca al-Quran, Hasil penelitian ini diharapkan berguna sebagai masukan dan bahan pertimbangan Madrasah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an para siswa dengan bekerjasama dengan orang tua siswa. Dan guru sebagai pendidik hendaknya lebih memperhatikan taraf kemampuan anak dalam belajar terutama kemampuan membaca al-Qur’an, mengingat anak mempunyai latar belakang keluarga yang berbeda. Bagi Orang Tua Hendaknya lebih meningkatkan perhatiannya kepada anak terutama kegiatan belajar membaca al-Qur’an. Jadikan membaca al-Qur’an menjadi suatu kebiasaan pribadi dan keluarga, karena membaca al-Qur’an adalah termasuk ibadah yang sangat mulia dan mendapat pahala yang berlipat ganda yaitu mendapat kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Dan untuk semua murid atau siswa harus belajar lebih giat terutama belajar membaca al-Qur’an, karena al-Qur’an adalah pedoman hidup bagi semua umat manusia. Dan kunci dari semua ilmu adalah dari membaca.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perhatian orang tua, hasil belajar, membaca Al – Qur’an
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 173 Ethics of family relationships
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing : Fatah Syukur
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 13 Apr 2016 08:37
Last Modified: 13 Apr 2016 08:37
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5391

Actions (login required)

View Item View Item