Korelasi antara perilaku keberagamaan dengan kecemasan peserta didik kelas IX dalam menghadapi ujian nasional di MTs Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2013/2014

Lestari, Eka Amaliyah Mugi (2014) Korelasi antara perilaku keberagamaan dengan kecemasan peserta didik kelas IX dalam menghadapi ujian nasional di MTs Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111023.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang korelasi antara perilaku keberagamaan dengan kecemasan peserta didik kelas IX dalam menghadapi Ujian Nasional di MTs Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecemasan peserta didik dalam menghadapi Ujian Nasional yang dapat mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Ketika peserta didik dihadapkan pada situasi yang tidak nyaman bagi dirinya, maka ia akan mencari rasa nyaman. Salah satu bentuk mencari rasa aman tersebut yaitu dengan meningkatkan perilaku keberagamaannya Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Bagaimanakah perilaku keberagamaan peserta didik kelas IX MTs Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2013/2014, 2. Bagaimanakah kecemasan peserta didik kelas IX dalam menghadapi Ujian Nasional di MTs Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2013/2014, 3. Apakah terdapat korelasi antara perilaku keberagamaan dengan kecemasan peserta didik kelas IX dalam menghadapi Ujian Nasional di MTs Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode survei, dan teknik analisis data regresi linier sederhana, dengan responden sebanyak 51 peserta didik kelas IX dari jumlah populasi 59 peserta didik. Adapun tekhnik pengambilan sampel yang digunakan yakni dengan menggunakan random sampling. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis statistik. Hasil dari regresi linier sederhana menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku keberagamaan dengan kecemasan peserta didik kelas IX dalam menghadapi Ujian Nasional di MTs darul Ulum Semarang ditunjukkan dengan angka koefisien korelasi sebesar r=-0,644 dengan tingkat signifikansi 5% (r_tabel=0,281). Artinya hipotesis yang menyatakan adanya korelasi negatif antara perilaku keberagamaan dengan kecemasan peserta didik kelas IX dalam menghadapi Ujian Nasional dapat diterima. Sedangkan persamaan regresi linearnya adalah Y ̂=114,393 -0,510X. Uji persaman regresi linear dilakukan dengan uji F dan diperoleh Freg sebesar 34,788. Kemudian nilai tersebut dikonsultasikan dengan Ftabel, pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai sebesar 4,03. Karena harga Freg > Ftabel maka persamaan regresi linear berarti. Sedangkan koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 0,4147 yang menggambarkan bahwa dalam penelitian ini perilaku kebergamaan mempunyai sumbangan sebesar 41,47% terhadap kecemasan peserta didik dalam menghadapi ujian nasional. Sisanya 58,53% ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak bisa diungkap dalam penelitian ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keberagaman, kecemasan, ujian nasional
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing : Karnadi
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 13 Apr 2016 08:49
Last Modified: 13 Apr 2016 08:49
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5392

Actions (login required)

View Item View Item