Implementasi pendidikan karakter dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) pada kelas IX di SMP Hasanudin 04 Semarang

Hadi, Niam Pathul (2014) Implementasi pendidikan karakter dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) pada kelas IX di SMP Hasanudin 04 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111081.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh realitas yang ada pada masa sekarang. Dekadensi moral semakin merajalela di negeri ini, antara lain meningkatnya pergaulan bebas, maraknya angka kekerasan anak-anak dan remaja, kejahatan terhadap teman, pencurian oleh kalangan remaja, kebiasaan menyontek, pornografi, dan perusakan milik orang lain sudah menjadi masalah sosial yang hingga saat ini belum dapat diatasi secara tuntas hingga maraknya praktek korupsi yang dilakukan para pejabat aparatur Negara baik mereka yang duduk di lembaga eksekutif atau legislatif maupun lembaga tinggi Negara lainnya. Oleh karenanya dalam konteks sekarang pendidikan karakter sangat relevan sebagai alternatif solusi untuk mengatasi krisis moral yang sedang melanda bangsa Indonesia. Pembelajaran PAI di SMP Hasanudin 4 Semarang diarahkan pada upaya pemanfaatan pendidikan karakter sebagai solusi dengan menanamkan kesadaran berperilaku peserta didik sesuai dengan kaidah moral, etika, dan akhlak sesuai ajaran agama Islam. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Apa saja bentuk materi pendidikan karakter dalam PAI di kelas IX SMP Hasanudin 4 Semarang? 2) Bagaimana Implementasi pendidikan karakter dalam PAI di kelas IX di SMP Hasanudin 4 Semarang? 3) Apasaja problematikaImplementasi pendidikan karakter dalam PAI di kelas IX di SMP Hasanudin 4 Semarang? Permasalahan tersebut dibahas dengan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan analisis data dari tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data dan penyajian data, data yang terkumpul semata-mata bersifat deskriptif dimana analisis datanya dilakukan secara induktif. Kajian ini menunjukkan bahwa Bentuk materi pendidikan karakter dalam PAI pada kelas IX yang dilaksanakan di SMP Hasanudin 4 Semarang ialah materi PAI yang memerlukan pengajaran, keteladanan, dan refleksi akhlak, ibadah, dan aqidah. Poin terpenting dalam pendidikan karakter dalam PAI pada kelas IX di SMP Hasanudin 4 Semarang adalah mengajarkan anak untuk berperilaku sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah. Dengan demikian, peserta didik mempunyai karakter berpikir dan bersikap sesuai dengan nilai-nilai pendidikan karakter dan ajaran agama Islam. sehingga insan kamil seperti yang dicita-citakan Islam terwujud. Pelaksanaan pendidikan karakter dalam PAI di SMP Hasanudin 4 Semarang menggunakan tiga cara, yakni kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan diluar kelas, dan di luar sekolah. dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas pendidik mengedepankan metode pengajaran, keteladanan, dan refleksi yang ada dalam materi PAI kelas IX melalui pendekatan model pembelajaran dengan prinsip-prinsip Contextual Teaching and Learning. Evaluasi pelaksanaan Pendidikan karakter dalam PAI di SMP Hasanudin 4 Semarang meliputi: input (masukan), process (proses), output (hasil), dan outcomes (dampak). Input pelaksanaan (siswa maupun guru). Ada beberapa problematika yang dihadapi SMP Hasanudin dalam upaya mengimplementasi pendidikan karakter dalam PAI yakni : Dari siswa dalam menghadapi kemajuan teknologi, sehingga mereka lupa akan kewajibannya dalam menunaikan sholat dan belajar karena lupa waktu. Dari orang tua, mempunyai cara pandang yang berbeda terhadap anak antara guru dengan orang tua di rumah, sehingga menyulitkan pula untuk menanamkan nilai-nilai karakter karena interaksi-interaksi yang ada saling mempengaruhi. Dari sekolah, terbatasnya waktu-waktu untuk pendidikan karakter, sehingga pendidikan karakter pada kelas IX SMP Hasanudin 4 Semarang belum efektif dan kurang maksimal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing : Mursid
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 18 Apr 2016 03:58
Last Modified: 18 Apr 2016 03:58
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5418

Actions (login required)

View Item View Item