Studi korelasi antara minat belajar Pendidikan Agama Islam dengan kecerdasan emosional siswa SMA N 1 Pegandon Kab. Kendal tahun pelajaran 2013/2014

Atikah, Nurul (2014) Studi korelasi antara minat belajar Pendidikan Agama Islam dengan kecerdasan emosional siswa SMA N 1 Pegandon Kab. Kendal tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111091.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang korelasi antara minat belajar Pendidikan Agama Islam dengan kecerdasan emosional siswa SMA N 1 Pegandon Kab. Kendal Tahun Pelajaran 2013/2014. Kajiannya dilatarbelakangi oleh perbedaan minat minat belajar Pendidikan Agama Islam yang berhubungan dengan kecerdasan emosional siswa. Dalam mempelajari Pendidikan Agama Islam berbeda-beda antara siswa yang satu dengan yang lainnya. Perbedaan kuantitas minat belajar Pendidikan Agama Islam, maka berbeda pula kecerdasan emosional yang dialami oleh siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMA N 1 Pegandon Kab. Kendal Tahun Pelajaran 2013/2014?.(2)Bagaimana kecerdasan emosional siswa SMA N 1 Pegandon Kab. Kendal Tahun Pelajaran 2013/2014?. (3) Adakah korelasi antara minat belajar Pendidikan Agama Islam dengan kecerdasan emosional siswa SMA N 1 Pegandon Kab. Kendal Tahun Pelajaran 2013/2014?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMA N 1 Pegandon Kab. Kendal. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif yang menggunakan teknik korelasional. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik sampel acak atau random sampling dengan subyek penelitian sebanyak 50 responden dari jumlah 229 santriwati. Adapun teknik yang dipakai dalam pengumpulan data adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMA N 1 Pegandon Kab. Kendal Tahun Pelajaran 2013/2014 termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata–ratanya yaitu = 67,44 dan berada pada interval nilai 67-74. (2) Kecerdasan Spiritual siswa SMA N 1 Pegandon Kab. Kendal Tahun Pelajaran 2013/2014 termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata–ratanya yaitu = 96,52 dan dan berada pada interval nilai 96-103. (3) Terdapat korelasi antara minat belajar Pendidikan Agama Islam dengan Kecerdasan Spiritual siswa SMA N 1 Pegandon Kab. Kendal, dibuktikan dengan = 0,648 yang dikonsultasikan dengan pada taraf signifikansi 1% dan 5%, berdasarkan harga tabel dapat diketahui bahwa hasil taraf signifikansi 1% = 0,279 dan 5% = 0,361. Dengan demikian > dinyatakan signifikan, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat korelasi antara minat belajar Pendidikan Agama Islam dengan kecerdasan emosional siswa SMA N 1 Pegandon Kab. Kendal Tahun Pelajaran 2013/2014. Adapun kontribusi pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 42.0%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, kecerdasan emosional
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing : Karnadi Hasan, Muntholi’ah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 18 Apr 2016 04:22
Last Modified: 18 Apr 2016 04:22
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5420

Actions (login required)

View Item View Item