Analisis implementasi syariah marketing (studi kasus di AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Syariah Semarang)

Iva, Wida Isma (2015) Analisis implementasi syariah marketing (studi kasus di AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Syariah Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
112411017.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Syariah marketing merupakan konsep marketing yang tergolong baru dan menjadi solusi alternatif dalam praktek bisnis di tengah persaingan usaha yang mulai meninggalkan nilai dari praktek bisnis yang sesungguhnya. Syariah marketing yang bertumpu pada Al-Quran dan Hadits serta pernah dipraktekkan oleh Nabi Muhammad SAW masih sangat relevan jika dijelaskan dan dipraktekkan secara detail kepada para pelaku bisnis. Syariah Marketing kini mulai diterapkan diberbagai perusahaan jasa, salah satunya adalah Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912. Setelah satu abad lebih AJB Bumiputera 1912 menjadi perusahaan pelopor asuransi pertama dan tertua di Indonesia, maka pada tahun 2002 Divisi Syariah resmi dibentuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Setelah AJB Bumiputera 1912 resmi membuka unit syariah, maka sudah menjadi keharusan AJB Bumiputera 1912 Syariah, beralih dari konsep pemasaran konvensional menjadi konsep pemasaran yang sesuai dengan syariat Islam (Syariah Marketing). Hal tersebut juga berlaku bagi AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Syariah Semarang untuk mengimplementasikan syariah marketing sebagai konsep pemasaran yang baru. Mengingat bahwa seringkali etika dari agen pemasar yang bertentangan dengan prinsip-prinsip syariat Islam. Untuk mengetahui bagaimana implementasi tersebut maka patut diteliti, pertama analisis implementasi karakteristik syariah marketing di AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Syariah Semarang. Kedua, bagaimana kesesuaian antara konsep syariah marketing dengan fakta yang dipraktekkan di AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Syariah Semarang? Dalam implementasinya, Bumiputera Syariah harus memenuhi 4 karakteristik dalam syariah marketing yang dapat menjadi pedoman bagi pemasar, yaitu: (1) Teistis (rabbaniyah) (2)Etis (akhlaqiyah) (3)Realistis (al-waqi’iyyah) dan (4) Humanistis (al-insaniyyah). Dengan menelusuri, menjelaskan dan menyimpulkan pembahasan dalam skripsi ini, penyusun menempuh metode jenis penelitian lapangan (field research). Untuk mendapatkan informasi secara akurat, aktual dan terpercaya. Sedangkan data-data diperoleh melalui dokumentasi, observasi dan wawancara yang selanjutnya dianalisis dengan metode deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Syariah Semarang mengimplementasikan karakteristik syariah marketing yang dibuktikan dengan aktivitas kesehariannya. Namun ada ketidaksesuaian pada aspek etis (akhlaqiyyah) yang dibuktikan dari karakter agen pemasar yang bertentangan dengan syariah. Adapun akhlak tersebut yaitu sikap tidak amanah dan berbuat curang sehingga merugikan peserta dan perusahaan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Marketing Syariah; Pemasaran syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbing: Prof. Mujiyono, MA.; Taufiq Hidaya, Lc., M.I.S.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 27 Apr 2016 02:07
Last Modified: 27 Apr 2016 02:07
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5434

Actions (login required)

View Item View Item