Pengaruh pengetahuan etika bisnis Islami dan religiusitas terhadap perilaku pedagang muslim (studi kasus pada pedagang sembako di Pasar Karangkobar)

Sulistiyani, Diah (2015) Pengaruh pengetahuan etika bisnis Islami dan religiusitas terhadap perilaku pedagang muslim (studi kasus pada pedagang sembako di Pasar Karangkobar). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
112411032.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Islam sebagai agama yang banyak dianut oleh sebagian besar pedagang di pasar Karangkobar, memiliki sumber hukum berupa Al Qur’an dan sunnah Rasul. Di dalam kedua sumber hukum tersebut terdapat aturan mengenai tata cara bisnis yang beretika. Sebagai seorang muslim, hendaknya dalam melakukan aktivitas bisnis perlu dilandasi oleh perilaku etis yang sesuai dengan ajaran islam. Namun di pasar Karangkobar masih terdapat pedagang yang berperilaku tidak etis dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Diantara faktor yang mempengaruhi perilaku etis seseorang adalah faktor ibadah, dimana ibadah menunjukkan seberapa jauh religiusitas seseorang. Faktor lainnya yaitu interpretasi terhadap hukum. Bagaimana seseorang menginterpretasikan hukum islam dalam berbisnis menunjukkan seberapa jauh pengetahuannya mengenai etika bisnis islam. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh antara pengetahuan etika bisnis islami dan religiusitas terhadap perilaku pedagang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang sembako yang beragama islam di pasar Karangkobar dan sampel yang diambil sebanyak 59 pedagang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada responden, selanjutnya data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Untuk menguji hipotesis, digunakan uji parsial (t test) dan uji simultan (F test) pada taraf signifikansi 5%. Untuk mengetahui kontribusi variabel dependen terhadap variabel independen, digunakan uji koefisien determinasi (adjusted R2). Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial hanya pengetahuan etika bisnis islami yang berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang muslim dengan nilai thitung sebesar 6,786 dan nilai probabilitas signifikansi 0.000, sementara religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang muslim dengan nilai thitung sebesar 0,927 dan probabilitas signifikansi 0.358. Sedangkan secara simultan religiusitas dan pengetahuan etika bisnis islami berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang muslim. Hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung sebesar 31,895 dengan probabilitas signifikansi 0.000. Berdasarkan uji R2 pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel pengetahuan etika bisnis islami dan religiusitas terhadap perilaku pedagang adalah sebesar 53,3%, sedangkan sisanya 46,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya di luar penelitian.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika bisnis Islam; Perilaku bisnis; Pedagang muslim
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Economic and professional ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. Saekhu, MH.; H. Johan Arifin, S. Ag., MM.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 27 Apr 2016 02:11
Last Modified: 27 Apr 2016 02:11
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5437

Actions (login required)

View Item View Item