Pengaruh minat santri dan perhatian orang tua terhadap efektivitas menghafal Al-Qur’an santri Pon-Pes Madrosatu Al-Qur’ani Al-Aziziyah Beringin Ngaliyan Semarang

Faruq, Umar (2009) Pengaruh minat santri dan perhatian orang tua terhadap efektivitas menghafal Al-Qur’an santri Pon-Pes Madrosatu Al-Qur’ani Al-Aziziyah Beringin Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3102241 _ lengkap.pdf - Accepted Version

Download (323kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi belajar PAI siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Anjatan-Indramayu tahun ajaran 2008/2009 terdiri dari evaluasi satuan kegiatan, evaluasi setelah beberapa kegiatan, dan evaluasi akhir kegiatan. Evaluasi tersebut berupa ulangan harian, ulangan praktek, mid semester, dan semester. Secara umum evaluasi berlangsung kurang baik walaupun pelaksanaannya sudah sesuai dengan prinsip-prinsip evaluasi pendidikan, seperti: prinsip menyeluruh, berkesinambungan, objektivitas, akan tetapi tidak sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat dalam RPP. Untuk mengukur aspek kognitif peserta didik evaluasi dilaksanakan dalam bentuk ulangan harian, mid semester, semester yang berupa tes tertulis. Untuk mengukur aspek afektif evaluasi dilakukan dengan pengamatan pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Sedangkan untuk aspek psikomotor evaluasi dilaksanakan dengan tes identifikasi (praktek). Bila dilihat lebih lanjut bahwa pelaksanaan evaluasi belajar PAI siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Anjatan-Indramayu pada aspek kognitif lebih banyak mendapat perhatian daripada aspek afektif dan aspek psikomotor. Dengan kata lain, evaluasi untuk mengukur aspek kognitif lebih banyak dilakukan. Walaupun seluruh aspek baik kognitif, afektif, psikomotor telah dilaksanakkan, akan tetapi untuk aspek psikomotor hanya dilaksanakan sekali padahal pada perencanaan evaluasi aspek psikomotor dilaksanakan tidak hanya sekali. Begitu juga pada aspek afektif pelaksanaannya tidak sesuai dengan perencanaan yang dibuat dalam RPP. Hasil ini menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi belajar PAI siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Anjatan-Indramayu tahun ajaran 2008/2009 masih belum maksimal (pelaksanaan evaluasi pada aspek kognitif lebih banyak dilakukan) atau tidak berjalan dengan baik karena pelaksanaan evaluasi untuk aspek afektif dan aspek psikomotor tidak sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat dalam RPP. Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Syamsudin Yahya; Drs. Jasuri, M.Si
Uncontrolled Keywords: Minat Santri; Perhatian Orang Tua; Menghafal Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 30 May 2016 06:55
Last Modified: 30 May 2016 06:55
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5440

Actions (login required)

View Item View Item