Studi deskriptif analisis instrumen tes pilihan ganda mata pelajaran Akidah Akhlak buatan guru KKM rayon 2 semester I siswa kelas VII MTs Miftahussalam 1 Wonosalam Demak tahun 2008/2009

Makruf, Makruf (2009) Studi deskriptif analisis instrumen tes pilihan ganda mata pelajaran Akidah Akhlak buatan guru KKM rayon 2 semester I siswa kelas VII MTs Miftahussalam 1 Wonosalam Demak tahun 2008/2009. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3102310 _ Lengkap.pdf - Accepted Version

Download (399kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan fungsi distraktor butir tes mata pelajaran Akidah Akhlak buatan Guru KKM Rayon 2 semester I siswa kelas VII MTs Miftahussalam Wonosalam Demak tahun 2008/2009. Subjek dalam penelitian ini ialah soal tes mata pelajaran Akidah Akhlak buatan guru KKM rayon 2 kelas VII semester I yang telah dikerjakan oleh seluruh siswa kelas VII MTs Miftahussalam Wonosalam Demak berjumlah 120 siswa. Data penelitian yang telah diperoleh, dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Pengujian penelitian menggunakan poin biserial (rpbis) untuk pengujian validitas butir tes,dan formula Kuder-Richardson (K-R20) untuk pengujian reliabilitas tes. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: pertama, untuk validitas butir tes mata pelajaran Akidah Akhlak buatan guru KKM rayon 2 semester I siswa kelas VII, ditunjukkan dengan 25 butir soal atau sekitar 62,5% butir-butir soal pada tes tersebut yang dinyatakan memiliki validitas, sedangkan 15 butir soal lainnya dinyatakan invalid atau sekitar 37,5%, dengan demikian tes hasil belajar bentuk objektif yang menyajikan 40 butir soal memiliki validitas sedang. Pada uji reliabilitas tes koefisien reliabilitas (r11) sebesar 0,717 menunjukkan bahwa tes ini memiliki reliabilitas yang tinggi. Dilihat dari segi tingkat kesukaran terdapat 15 atau 37,5% butir tes yang terlalu mudah dikerjakan, 21 atau 52,5% butir tergolong butir tes yang sedang atau cukup dan hanya 4 atau 10% butir tes yang tergolong butir tes yang terlalu sulit sulit. Dilihat dari daya pembeda butir menunjukkan presentase 10% atau 4 butir tes mempunyai daya pembeda yang lemah sekali, ada juga butir soal tes yang mempunyai daya pembeda yang lemah yaitu yaitu 12 butir atau 30%, terdapat juga soal-soal tes tersebut yang sedang daya pembedanya yaitu sebanyak 12 butir tes atau 30%, baik sekitar 10 butir atau 25%, dan baik sekali 2 buti atau 5%. Dilihat dari fungsi distraktor menunjukkan bahwa sekitar 74,166% berfungsi dengan baik. Berdasarkan penelitian diharapkan dapat dijadikan bahan informasi dan masukan bagi para guru khususnya evaluator bidang pendidikan dan sivitas akademika, para pembuat soal dan para pakar pendidikan agar senantiasa meningkatkan profesionalismenya melaksanakan evaluasi pendidikan agar betul – betul dapat memberikan masukan yang dibutuhkan secara akurat, demi terciptanya evaluasi pendidikan pada masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Instrumen Tes Pilihan Ganda; Akidah Akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karnadi, M. Pd.; Dra. Muntholi’ah, M. Pd.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 25 May 2016 01:45
Last Modified: 25 May 2016 01:45
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5445

Actions (login required)

View Item View Item