Pengaruh pengembangan produk terhadap volume penjualan pada konveksi busana muslim Clothing Kendal

Febriyanto, Noer Aji (2015) Pengaruh pengembangan produk terhadap volume penjualan pada konveksi busana muslim Clothing Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
112411057.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengembangan produk merupakan strategi pemasaran yang menjadi solusi untuk meningkatkan volume penjualan karena konsumen lebih banyak pilihan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan mereka. Hal ini penting agar konsumen tidak beralih kepada produk lain yang dirasa dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka. Untuk mewujudkan pengembangan produk Konveksi Busana Muslim Clothing Kendal dalam perkembanganya dituntut untuk memberikan banyak pilihan produk kepada konsumen dengan memperhatikan dimensi pengembangan produk itu sendiri yaitu meningkatnya jenis produk. Hal tersebut dapat dilihat dari empat tahun terakhir volume penjualan Konveksi Busana Muslim Kendal mengalami pasang surut total volume penjualan. Dari latar belakang tersebut mendorong penulis untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Pengembangan Produk terhadap Volume Penjualan pada Konveksi Busana Muslim Clothing Kendal”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh pengembangan produk terhadap volume penjualan pada Konveksi Busana Muslim Clothing Kendal. Jenis penilitian ini adalah penelitian lapangan field research. Data yang digunakan adalah data sekunder. Data sekunder diperoleh berdasarkan catatan penjualan dan bukti tertulis yang didokumentasikan. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis datanya menggunakan regresi linier sederhana, analisis deskriptif variabel penelitian, uji asumsi klasik dan uji hepotesa, sedangkan pengolahan datanya menggunakan SPSS 16.00 for windows. Dari hasil pengolahan data diperoleh regresi linier sederhana Y = 34,150 + 28,112X. Besarnya pengaruh pengembangan produk terhadap volume penjualan adalah 28,112%. berdasarkan hasil uji t diperoleh t sebesar 5,345 dengan nilai signifikansi 1, dimana nilai signifikansinya lebih besar dari 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan produk tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, dibuktikan pada data penjualan yang terjadi pada tahun 2013-2014 dengan mengalami penurunan penjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan produk; Volume penjualan; Busana muslim
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Hasyim Syarbani, M. M.; H. Suwanto, S. Ag., M. M.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 27 Apr 2016 02:25
Last Modified: 27 Apr 2016 02:25
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5448

Actions (login required)

View Item View Item