Perilaku pedagang di pasar tradisional Ngaliyan Semarang dalam perspektif etika bisnis Islam

Kusnia, Siti Mina (2015) Perilaku pedagang di pasar tradisional Ngaliyan Semarang dalam perspektif etika bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 112411066.pdf]
Preview
Text
112411066.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pasar merupakan area tempat jual beli barang dengan jumlah penjual lebih dari satu baik yang disebut sebagai pusat perbelanjaan, pasar tradisional, pertokoan, mall, plaza, pusat perdagangan maupun sebutan lainnya. Perilaku menyimpang sering kali ditemukan di pasar tradisional Oleh karena itu, etika bisnis Islam sangat berperan dalam mengatur perilaku para pedagang. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis memilih pasar tradisional Ngaliyan sebagai objek alasannya karena penulis melihat adanya perilaku pedagang yang tidak sesuai dengan apa yang telah diterapkan dalam etika bisnis Islam. Adapun perilaku yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam berupa tidak menepati janji, tidak bersikap ramah kepada pembeli, dan tidak memberikan waktu tenggang pembayaran. Rumusan penelitian ini adalah pertama tentang pemahaman pedagang mengenai etika bisnis Islam di pasar tradisional Ngaliyan Semarang. Kedua perilaku pedagang menurut perspektif etika bisnis Islam di pasar tradisional Ngaliyan Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah wawancara dengan para pedagang di pasar Ngaliyan Semarang, dan petugas pasar Ngaliyan Semarang. Sementara data sekunder diperoleh dari arsip dokumen pihak pengelola pasar Ngaliyan Semarang. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis.
Berdasarkan hasil penelitian menyatakan: Pertama pemahaman pedagang di pasar tradisional Ngaliyan Semarang mengenai etika bisnis Islam disimpulkan bahwa para pedagang tidak mengetahui etika bisnis Islam. Akan tetapi, dalam melaksanakan transaksi jual beli mereka menggunakan aturan yang telah diatur oleh agama Islam. Kedua perilaku pedagang di pasar tradisional Ngaliyan Semarang telah sesuai dengan etika bisnis Islam yang meliputi, tidak melupakan ibadah shalat wajib, berdo’a dan bersedekah, adil atau seimbang dalam menimbang atau menakar dan tidak menyembunyikan cacat, memberikan kebebasan kepada penjual baru dan tidak memaksa pembeli, menepati janji dan bertanggungjawab atas kualitas barang, bersikap ramah tamah dalam melayani dan bermurah hati dengan memberi waktu tenggang pembayaran. Namun, sebagian perilaku pedagang ada yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu lalai dalam menjalankan ibadah shalat wajib ketika melakukan transaksi jual beli, tidak menepati janji, tidak bersikap ramah kepada pembeli dan tidak memberikan waktu tenggang pembayaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Musahadi, M. Ag.; H. Johan Arifin, S. Ag., MM.
Uncontrolled Keywords: Pasar tradisional; Perilaku pedagang; Etika bisnis Islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Occupational ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Apr 2016 08:43
Last Modified: 26 Jun 2021 06:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5452

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics