Strategi pengembangan usaha pengusaha batik tulis Lasem

Nisa’, Ulfatun (2015) Strategi pengembangan usaha pengusaha batik tulis Lasem. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
112411074.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Potensi batik Indonesia dalam perkembangannya terus tumbuh dan berkembang serta semakin berperan penting sebagai bagian dari kehidupan sosial budaya maupun sebagai suatu usaha industri. Di Kabupaten Rembang, dengan memanfaatkan dan menggali serta mengembangkan potensi daerah yang dimiliki Kabupaten Rembang muncul kreativitas masyarakat dan didukung oleh Pemerintah Daerah sehingga tumbuh usaha industri kecil dan menengah. Industri Batik Tulis adalah salah satu industri kerajinan tradisional yang diproduksi oleh masyarakat di Kecamatan Lasem dan Kecamatan Pancur dan terkenal dengan nama “Batik Lasem”. Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Perindakop dan UMKM Kabupaten Rembang, pada tahun 2014 ada sekitar 80an UMKM yang bergerak di bidang industri Batik Tulis Lasem. Dari beberapa UMKM tersebut, terdapat dua pengusaha yang berbeda yaitu pengusaha Pribumi Muslim dan pengusaha Tionghoa. Untuk mengetahui bagaimana perkembangan bisnisnya, maka berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu “Bagaimana strategi pengembangan bisnis pengusaha Pribumi Muslim dalam memperebutkan pangsa pasar dengan pengusaha Tionghoa?” serta “Bagaimana kendala perkembangan bisnis pengusaha Pribumi Muslim dan pengusaha Tionghoa?”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Data tersebut diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Strategi pengembangan usaha yang dilakukan oleh pengusaha Batik Tulis Lasem sebagian besar sudah sesuai dengan strategi pengembangan usaha dalam Islam, karena sebagian besar pengusaha menerapkan kejujuran, pertanggungjawaban, menjalin hubungan baik terhadap pelanggan maupun dengan pengusaha yang lain, dan bersaing dalam perdagangan dengan cara yang sehat. Salah satu alasannya pengusaha Pribumi Muslim sekarang menjadi berkembang karena mereka juga ingin mengembangkan peninggalan sejarah Lasem sejak dahulu yaitu Batik Tulis Lasem. Sedangkan pengusaha Tionghoa yang menguasai teknologi, akses pasar dan modal usaha batik tulis Lasem saat ini telah menghadapi kendala regenerasi usaha mereka.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan usaha; Batik tulis
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
700 The arts > 740 Drawing and decorative arts > 746 Textile arts
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Musahadi, M. Ag.; Choirul Huda, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Apr 2016 08:45
Last Modified: 28 Apr 2016 08:45
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5455

Actions (login required)

View Item View Item