Pendekatan Rasional dalam Pembelajaran Agama Islam di Kelas XI SMA N 2 Mranggen Demak

Abdul Manaf, Faisol Yusuf (2012) Pendekatan Rasional dalam Pembelajaran Agama Islam di Kelas XI SMA N 2 Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
063111086_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063111086_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063111086_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063111086_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063111086_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063111086_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063111086_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (24kB) | Preview

Abstract

Membincang pendidikan di Indonesia memang terasa aneh, sudah banyak solusi yang ditawarkan oleh pakar pendidikan untuk mengentaskan pendidikan di Indonesia. Tetapi yang terjadi adalah pendidikan menunjukan ketidak berdayaan untuk mengatasi masalah kemanusiaan. Karena fakta dilapangan menunjukan bahwa masih banyak ditemukan manusia-manusia yang tidak mencerminkan seperti apa yang menjadi tujuan pendidikan di Indonesia. Hal ini disebabkan salah satunya karena pola pendidikan belum menyentuh substansi kebutuhan dalam masyarakat dan pendidikan takubahnya berubah menjadi pemasungan daya kreatifitas setiap peserta didik. Guna merespon kondisi pendidikan tersebut dalam pembelajaran sudah seharusnya melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran akan menimbulkan suasana belajar partisipatif dan menjadi lebih hidup. Pendekatan rasional dapat mendorong timbulnya gagasan yang lebih bermutu dan dapat meningkatkan kreativitas peserta didik. Selain itu, peran penggunaan pendekatan rasional adalah menghilangkan perbedaan antar peserta didik sehingga membuat peserta didik termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagimana konsep Pendekatan Rasional diimplementasikan dalam pembelajaran PAI di SMA N 2 Mranggen Demak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach), dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tekhnik analisis deskriptif kualitatif. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dan induktif, metode deskriptif yaitu metode pembahasan yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa dan kejadian yang terjadi pada saat penelitian. Sedangkan metode induktif yaitu suatu pengambilan keputusan dengan menggunakan pola pikir yang berangkat dari fakta-fakta yang sifatnya khusus kemudian digeneralisasikan kepada hal-hal yang bersifat umum. Dari hasil penelitian menunjukan implementasi pendekatan Rasional dalam pembelajaran PAI di SMA N 2 Mranggen, dilihat dari sistem dan proses pembelajarannya telah sesuai dengan tujuan PAI dan konsep pendekatan Rasional. Implementasi ini diwujudkan dengan mengembangkan cara berpikir untuk mendapatkan pengetahuan peserta didik walaupun terkadang masih terdapat beberapa yang tidak menggunakan pendekatan tersebut dalam beberapa jam pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Agama Islam; Pendekatan Rasional
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Dec 2013 07:00
Last Modified: 05 Dec 2013 07:00
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/546

Actions (login required)

View Item View Item