Analisis komparatif pemikiran Fahim Khan dan Monzer Kahf tentang perilaku konsumen

Hakim, Isyhar Malija (2015) Analisis komparatif pemikiran Fahim Khan dan Monzer Kahf tentang perilaku konsumen. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
112411106.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fenomena pemuasan keinginan dan ketimpangan distribusi pendapatan merupakan ‘penyakit kronis’ dan telah menyebar keseluruh aspek ekonomi, salah satunya konsumsi. ‘Penyakit’ ekonomi ini lahir dari eksistensi sistem ekonomi kapitalis. Perbauran budaya materialisme, utilitarianisme, dan hedonisme di negara Muslim telah menimbulkan perubahan perilaku yang sangat luar biasa pada sebagian umat Islam. Dorongan untuk hidup bebas sudah tentu memaksa untuk meninabobokan kesadaran kita sendiri dari ajaran agama. Suka atau tidak suka, hal ini telah terjadi di lingkungan kita. Saat ini perlu ada upaya perbaikan perilaku terhadap umat Muslim yang sesuai dengan ajaran Al Qur’an dan As Sunnah, karenanya Fahim Khan sebagai pakar yang berlatar belakang disiplin ilmu ekonomi dan merupakan penggiat pembangunan paradigma ekonomi Islam menyatakan bahwa Islam menolak asumsi bahwa semua keinginan itu sama pentingnya dan semua itu harus dipuaskan. Sebaliknya, Islam memahami bahwa manusia memiliki kebutuhan tertentu, yang sebagian diantaranya lebih penting dari yang lain. Kebutuhan yang lebih penting harus dipenuhi terlebih dulu, diikuti oleh pemenuhan kebutuhan yang kurang penting. Manusia yang berbudaya tidak memperlakukan semua keinginan sama pentingnya. Dan juga, menurutya perlu adanya kerangka (konsep) kelembagaan yang dapat membimbing dan memonitor aspek khusus perilaku konsumen dalam masyarakat. Dalam analisis lain, Monzer Kahf menyatakan, konsumsi dalam Islam berimplikasi pada dua tujuan, yaitu dunia dan juga akhirat. Baginya, memaksimalkan pemuasan (kebutuhan) tidaklah merupakan hal yang dikutuk dalam Islam selama kegiatan tersebut tidak melibatkan hal-hal yang merusak. Objek penelitian ini adalah pemikiran Fahim Khan dan Monzer Kahf prihal perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif komparatif dimana dari data-data yang ada penulis berupaya menggambarkan kedua objek penelitian dan menganalisisnya lalu membandingkan hasil dari kedua objek tersebut dengan menggabungkan beberapa variabel isi dari kedua objek ini. Di tahap ini penulis menggunakan alat interseksi union untuk membandingkan beberapa variabel dari pemikiran mereka mengenai perilaku konsumen. Dari hasil perbandingan pemikiran kedua tokoh tersebut, terdapat enam buah konsep perilaku konsumen yang hampir sama baik dari sisi isi maupun pokok bahasan. Sedang dua konsep lain ternyata berbeda secara isi dan pokok bahasan. Dari pemikiran kedua tokoh ini dapat dikembangkan dua buah konsep baru dalam perilaku konsumen islami; yaitu (1) pembentukan lembaga yang mengawasi perilaku konsumen di masyarakat Muslim dan (2) Perencanaan konsumsi yang berbasis pada rasionalisme (perilaku konsumsi) islami. Terdapat dua faktor yang menyebabkan adanya perbedaan dan persamaan dari pemikiran kedua tokoh ini tentang ekonomi Islam khususnya kajian tentang perlikau konsumen, yaitu latar belakang pendidikan dan latar belakang sosial dan politik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ali Murtadho, M. Ag.; H. Ahmad Furqon, Lc., MA.
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumen; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Apr 2016 08:52
Last Modified: 28 Apr 2016 08:52
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5460

Actions (login required)

View Item View Item