Pengaruh kualitas produk dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk Rabbani di toko Asya Darussalam Semarang

Hidayatika, Iva (2015) Pengaruh kualitas produk dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk Rabbani di toko Asya Darussalam Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
112411107.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa besar pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Rabbani di toko ASYA Darussalam Semarang (2) seberapa besar pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian produk Rabbani di toko ASYA Darussalam Semarang. Penelitian ini dilakukan di toko ASYA Darussalam Semarang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner). Subyek penelitian menggunakan sampel sebanyak 50 responden, teknik pengambilan sampel dengan metode purposive random sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh berdasarkan jawaban responden terhadap angket yang dibagikan peneliti kepada konsumen toko ASYA Darussalam Semarang Metode analisis datanya menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesa (uji t), sedangkan pengolahan datanya menggunakan SPSS 16.0 for Windows. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa variabel kualitas produk (X1) dan brand awareness (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan pengolahan data model regresi linier berganda sebagai berikut : Y = 0,121+0,786X1+0,152X2+e Dari persamaan di atas kedua variabel kualitas produk (X1) dan brand awareness (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y) produk Rabbani di toko ASYA Darussalam Semarang. Akan tetapi yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah faktor kualitas produk.. Koefisien determinasi (R square) sebesar 0,521. Artinya 52,1% variabel keputusan pembelian (Y) dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independen di atas yaitu kualitas produk (X1) dan brand awareness (X2). Sedangkan sisanya 47,9 % dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain diluar model. Hal ini menunjukkan pengaruh positif dan signifikan antara variabel kualitas produk dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk Rabbani di toko ASYA Darussalam Semarang. Hal ini menunjukkan semakin tinggi kualitas produk dan brand awareness yang digunakan maka semakin tinggi pula keputusan pembelian yang akan di terima oleh konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: DR. H Muhammad Saifullah, M. Ag.; Heny Yuningrum, SE., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kualitas produk; Brand awareness; Keputusan pembelian
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 29 Apr 2016 07:48
Last Modified: 29 Apr 2016 07:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5464

Actions (login required)

View Item View Item