Strategi pemasaran pedagang pasar tradisional dalam perspektif ekonomi Islam (studi kasus di pasar Lebaksiu-Tegal)

Ulyati, Nur Faeni (2015) Strategi pemasaran pedagang pasar tradisional dalam perspektif ekonomi Islam (studi kasus di pasar Lebaksiu-Tegal). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
112411165.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bisnis dalam dunia perdagangan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Setiap manusia memerlukan harta dan kekayaan untuk memenuhi kebutuhannya Pasar sebagai pusat kegiatan ekonomi yang mendorong dan memperlancar kegiatan yang bersifat ekonomi bagi masyarakat. Keragaman para pedagang dan beberapa faktor yang mendasari baik dari intern maupun ektstern menjadikan perilaku dan strategi berdagang para pedagang yang berbeda-beda. mulai dari mempromosikan barang, harga diskon, bonus, potongan harga atau menjual barang dengan harga yang lebih murah. pasar tradisional Lebaksiu, merupakan salah satu pasar yang ada di Kota Tegal bagian selatan. Merupakan suatu tempat kegiatan sektor perdagangan dan jasa. Hal ini terbukti dengan eksistensi pasar yang memang masih digemari oleh para konsumen dan para tengkulak dari beberapa daerah. strategi yang dilakukan oleh para pedagang pada beberapa jenis barang dagangannya. Seperti pemberian potongan harga, dan bonus. Sehingga dikhawatirkan dapat menimbulkan penyimpangan strategi dalam berdagang. Seperti unsur penipuan (gharar), tidak jujur, merupakan hal yang dilarang dalam syariat Islam. Adapun metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif dengan penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini terdiri dari sumber data yaitu sumber data primer ( data yang diperoleh langsung dari sumber asli (tidak melalui perantara) dan sumber data sekunder (sumber data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui perantara (diperoleh dan dicatat pihak lain), sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Langkah terakhir dalam metode penelitian adalah analisis data. Dngan hasil peneitian: menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang pasar tradisional adalah adanya bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari produk, harga, dan promosi. Serta strategi yang belum sesuai adalah adanya pencampuran barang yang berkualitas baik dengan yang berkualitas biasa tanpa bersikap jujur mnerangkan perihal atau kondisi barang dagangannya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Pedagang pasar tradisional; ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbing: H. Khoirul Anwar, M. Ag.; H. Ade Yusuf Mujaddid, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 29 Apr 2016 08:06
Last Modified: 29 Apr 2016 08:06
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5478

Actions (login required)

View Item View Item