Pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis ICT di SMP Negeri 2 Semarang

Hadi, Nur (2009) Pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis ICT di SMP Negeri 2 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3103047 _ Lengkap.pdf - Accepted Version

Download (376kB) | Preview

Abstract

Sistem pendidikan dewasa ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Berbagai cara telah dikenalkan serta di gunakan dalam proses belajar mengajar (PBM) dengan harapan pengajaran guru akan lebih berkesan dan pembelajaran bagi murid akan lebih bermakna. Perkembangan ICT (Information Communication and tehnology) atau yang biasa diartikan dalam bahasa indonesia dengan teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau disebut juga dengan kata multimedia telah menjanjikan potensi besar dalam merubah cara seseorang untuk belajar, untuk memperoleh informasi, menyesuaikan informasi dan sebagainnya. Multimedia juga menyediakan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan teknik pembelajaran sehingga menghasilkan hasil yang maksimal. Demikian juga bagi pelajar, dengan multi media diharapkan mereka akan lebih mudah untuk menentukan dengan apa dan bagaiamana siswa untuk dapat menyerap informasi secara cepat dan efisien. Sumber informasi tidak lagi terfokus pada teks dari buku sematamata tetapi lebih luas dari itu. Kemampuan teknologi multi media yang telah terhubung internet akan semakin menambah kemudahan dalam mendapatkan informasi yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis ICT di SMP Negeri 2 Semarang (2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan pembelajaran PAI berbasis ICT di SMP Negeri 2 Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik interview (wawancara), observasi, dan atau dokumentasi. Kemudian dalam analisa data menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu data yang terkumpul kemudian dianalisis sehingga menjadi kesatuan yang konklusif dengan menggunakan pendekatan induktif Dari hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis ICT di SMP negeri 2 Semarang dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari tujuan pembelajaran PAI di SMP Negeri2 Semarang tidak menyimpang dengan tujuan pendidikan Nasional serta hasil evaluasi yang jauh melebihi dari nilai Standar Kriteria Ketuntasan Minimal (SKKM) pembelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Pembelajaran ICT
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Mustaqim M. Pd.; Drs. Abdul Rahman, M. Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 29 Apr 2016 08:11
Last Modified: 29 Apr 2016 08:11
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5483

Actions (login required)

View Item View Item