Pengaruh pelayanan dan lokasi terhadap minat pelanggan di bengkel Cahaya Timur Semarang

Trisnawati, Indah Nur (2015) Pengaruh pelayanan dan lokasi terhadap minat pelanggan di bengkel Cahaya Timur Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
102411069.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Hal ini juga dirasakan para pelaku bisnis di bidang jasa perbaikan motor seperti pemilik-pemilik bengkel di Semarang. Bengkel Cahaya Timur adalah salah satu bengkel yang ada di Semarang saat ini. Bengkel Cahaya Timur harus membuat beberapa perbaikan dan inovasi yang dapat meningkatkan minat pelanggan untuk datang kembali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh pelayanan dan lokasi terhadap minat pelanggan. Metode pengambilan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang pelanggan dari Bengkel Cahaya Timur Semarang dan kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi : Uji validitas dan Reliabilitas, Uji asumsi klasik, Analisis regresi berganda, Pengujian hipotesis melalui Uji t dan Uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Data-data yang telah memenuhi Uji validitas, Uji reliabilitas dan Uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,915 + 0,484 Pelayanan + 0,250 Lokasi + e Dimana variabel kepuasan pelanggan (Y), variabel pelayanan (X1), variabel lokasi (X2). Pengujian hipotesis menggunakan Uji tmenunjukkan bahwa kedua variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen minat pelanggan. Kemudian melalui Uji F dapat diketahui bahwa kedua variabel independen yang di teliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen minat pelanggan Angka Adjusted Rsquare sebesar 0,556 menunjukkan bahwa 55,6% variabel minat pelanggan dapat di jelaskan oleh kedua variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 44,4% di jelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelayanan; Lokasi; Minat Pelanggan; Bengkel
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbingn: Drs. H. Hasyim Syarbani, MM.; Heny Yuningrum, SE., M. Si.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 29 Apr 2016 08:30
Last Modified: 29 Apr 2016 08:30
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5490

Actions (login required)

View Item View Item